Rantau, (Antaranews Kalsel) - Ketua Tim Penggerak Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan mengingatkan agar ibu-ibu selalu menyediakan menu dengan bahan ikan di dalam menu sehari-hari.

Hal tersebut, disampaikan langsung oleh istri orang nomer satu di Bumi Ruhuy Rahayu tersebut saat menhadiri kegiatan lomba masakan serba ikan yang dilaksanakan di Kecamatan Candi Laras Utara (CLU), Sabtu (19/8).

"Usahakan selalu siapkan menu ikan di setiap menu masakan dalam keluarga, karena ikan sendiri mempunyai sangat banyaj manfaat bagi kesehatan tubuh kita," ujar Ratna.

Apalagi, dikatakan Ketua TP PKK, bahwa, Kecamatan CLU adalah kawasab dengan geografis sungai dan rawa, sehingga tentu banyak jenis-jenis ikan air tawar seperti Betok, Gabus, dan jenis ikan lainnya.

"Daerah kita ini sangat banyak ikan Gabus atau lebih dikenal dengan sebutan ikan Haruan, dan ikan tersebut sangat baik bagi kesehatan seperti bisa mempercepat penyembuhan luka," ujarnya.

Sementara untuk khasiat ikan Betok atau ikan Papuyu, sangat bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan otak anak, dan mampu memperlancaran peredaran darag dalam tubuh, sehingga bisa mencegah terjadinya hypertensi.

"Selain itu masih banyak ikan-ikan sungai atau air tawar yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita dan keluarga, jadi manfaatkan dengan berlimpahnya sumber daya yang kita miliki tersebut untuk meningkatkan kualitas anak-anak kita," ujar Ratna.

Dalam kegiatan lomba masakan berbahan ikan yang dilaksanakan di Kantor Camat CLU tersebut diikuti oleh 13 Desa, dan TP PKK dalam kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017