Rantau, (Antaranews Kalsel) - Polsek Tapin Utara Kabupaten Tapin mengajak seluruh masyarakat di wilayah hukumnya untuk kembali menghidupkan atau mengkatifkan Pos Keamanan Lingkungan (Pos Kamling) di setiap Rukun Tetangga (RT).

Kapolsek Tapin Utara IPTU Salahudin Kurdi mengatakan, program tersebut merupakan  program pertama yang akan digiatkan kembali untuk meningkatkan keamanan lingkungan.

"Keberadaan  Pos Kamling sangat penting untuk mengantisipasi  masalah keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di setiap Kelurahan atau Desa," kata Salahudin yang baru saja bertugas menggantikan Kapolsek sebelumnya.

Mantan Kapolsek Sungai Durian Kabupaten Kotabaru tersebut juga mengatakan,  cukup prihatin saat melakukan giat patroli di wilayah hukumnya, ia melihat banyak kondisi Pos Kamling yang sepi atau kosong tanpa ada warga yang melakukan penjagaan.

"Sayang kan kalau Pos Kamling tidak ada yang menjaga, padahal sudah dibangun dengan bagus dan disediakan fasilitas tambahan seperti televisi," ujarnya.

Kapolsek pun berharap, seluruh lurah dan kepala desa ikut berperan agar warganya bisa ikut kembali mengaktifkan Pos Kamling di masing-masing lingkungannya.

Ajakan tersebut juga disampaikan melalui  penempelan selebaran atau himbauan kepada masyarkat agar apabila terjadi tindak kriminal atau kejadian apapun agar segera melaporkan anggota Polsek Tapin Utara

"Setiap Pos Kamling sudah kita tempel nomer handpone masing-masing anggota Kamtibmas kami, jadi apabila ada kejadian tindak kriminal bisa segera menghubungi onggota kami," ujarnya lagi.

Kapolsek pun berharap agar masyarakat ikut berperan aktif dalam menjaga lingkungannya demi menjaga stabilitas lingkungan yang aman, damai dan nyaman.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017