Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Turnamen sepak bola antar Rukun Tetangga (RT) se Kampung Bamban, Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) yang rutin digelar setiap tahun di bulan Agustus, resmi ditutup Bupati HSS H Achmad Fikry.

Panitia Pelaksana sekaligus Ketua PORGAN ( Persatuan Olahraga Bamban), H Ardiani, di Bamban, Jum'at (18/8), mengatakan, turnamen ini merupakan program jangka panjang PORGAN dengan tujuan untuk melestarikan dan mengembangkan seni dan olahraga.

"Turnamen ini juga untuk menciptakan generasi muda yang tangguh, tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat, serta untuk mempererat silaturahmi kerukunan antar warga dengan semangat gotong royong dan gawi sabumi,"katanya.

Dijelaskan dia, turnamen sepak bola yang dilaksanakan tiap tahun ini dan termasuk bagian untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-72, dilaksanakan sejak 4 Agustus 2017 lalu dan diikuti 12 klub atau RT.

Di babak final, tim RT 03 Bamban Utara berhadapan dengan tim RT 02 Bamban Utara,  Laga final yang berjalan aman, lancar dan tertib ini  dimenangkan RT 03 Bamban Utara dengan skor 2 -0.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan, rasa terima kasih kepada Kepala Desa Bamban yang terus melaksanakan turnamen hingga sudah tiga tahun berturut-turut, saat memberikan saat menutup secara resmi turnamen sepak bola antar RT se Kampung Bamban, di Bola Jayapati Bamban, Jum’at (18/8) sore.

Ia menjelaskan, nantinya menjelang hari jadi Kabupaten HSS, juga akan dilaksanakan pertandingan sepak bola antar desa se Kabupaten HSS..

“Pertandingan ini memperebutkan tropi bupati, pertandingan dibagi tiga zona ada di Lapangan Bola Telaga Langsat, Simpur dan Nagara, nanti empat besar masing-masing zona akan bermain di Stadion 2 Desember Kandangan,”katanya.

Selain sepak bola, ia mengatakan akan diadakan pertandingan sepak takraw, menggunakan gedung atau lapangan sepak takraw yang baru selesai dibangun di Desa Bamban.

Ia mengharapkan, semua langkah yang ditempuh dalam membangun fasilitas dan semangat olahraga di Hulu Sungai Selatan, akan tumbuh berkembang dan secara berkelanjutan dapat terbina atlet-atlet daerah yang bisa mengharumkan nama banua.

Ditambahkan dia, Pemerintah Kabupaten  HSS akan terus membenahi sarana olahraga di HSS, seperti tahun ini akan selesai dibangun kolam renang, lapangan basket kita,  panjat tebing yang sudah disiapkan.

Menurut dia, semua fasilitas olahraga ini bisa digunakan oleh semua warga HSS, dengan harapan generasi muda HSS terus mencintai olahraga.

Sebelumnya, Pertandingan sepak bola antar RT se Kampung Bamban ini juga dimeriahkan penampilan kesenian Kuda Gepang yang cukup menghibur penonton disaat jeda pertandingan dilaksanakan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017