Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Ribuan warga Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menyerbu berbagai jenis makanan khas daerah yang disiapkan oleh pemerintah pada pesta rakyat dalam rangka HUT Ke-67 Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

Pesta rakyat dengan menyiapkan sekitar 30 ribu porsi di Banjarmasin, Senin, yang mulai dibuka sekitar pukul 11:00 Wita, langsung ludes diserbu warga yang telah memenuhi lokasi sejak pagi.

Berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya, Peringatan HUT ke 67 Provinsi Kalimantan Selatan kali ini jauh lebih meriah, sebab pemerintah tidak hanya mengundang bupati dan pejabat dari seluruh kabupaten dan kota/tetapi juga melibatkan ribuan masyarakat Banjarmasin.

Pemerintah menggelar acara pesta rakyat dengan memasang 47 stand makanan yang diselenggarakan di sepanjang Jalan Sudirman atau di depan kantor gubernur lama, yang disajikan secara gratis oleh panitia dari berbagai dinas dan instansi terkait.

Memastikan makanan cukup aman dikonsumsi, Balai Pom juga turun untuk menguji dan memeriksa seluruh makanan yang siap disajikan.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengatakan, perayaan hari jadi tahun ini, sengaja diselenggarakan di tempat terbuka, agar seluruh masyarakat dapat berpartisipasi dalam perayaan tersebut.

"HUT Pemprov Kalsel kali ini, mari kita jadikan momentum bersama sama bahu membahu untuk membangun Kalsel lebih baik, berat sama dipikul ringan sama di jinjing," katanya.

Pesta rakyat yang digelar, mendapatkan sambutan cukup antusias dari masyarakat yang memadati lokasi sejak pagi.

Warga berharap, pada tahun-tahun mendatang, pesta rakyat kembali digelar, sehingga masyarakat juga bisa menikmati makanan gratis.

Sekretaris Daerah Pemprov Kalsel Abdul Haris mengungkapkan, pesta rakyat digelar sebagai momentum mendekatkan pemerintah dengan masyarakat.

"Kami ingin, antara pemerintah dan rakyat tidak ada jarak, kami harap, pesta rakyat ini bisa menjadi salah satu sarana untuk bisa saling silaturahmi," katanya.

Selain pesta rakyat dengan menggelar makanan gratis, pada acara tersebut juga disajikan berbagai tarian tradisional dan ditutup dengan atraksi pesawat perang F 16 dari TNI AU.

Atraksi pesawat tersebut, mendapatkan sambutan cukup meriah dari masyarakat, yang selalu bertepuk tangan, saat pesawat berada di atas kantor gubernur.

Acara yang dihadiri para bupati dan pejabat terkait lainnya tersebut, Gubernur juga menyampaikan berbagai pelaksanaan pembangunan, seperti pengembangan Bandara Syamsudin Noor dan beberapa proyek strategis lainnya.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017