Martapura, (Antaranews Kalsel) - Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Kalimantan Selatan Hj. Roesdeawati Rudy Resnawan membuka secara resmi pelaksanaan lomba cipta Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) berbasis sumber lokal tingkat Provinsi Kalimatan Selatan tahun 2017.

Kegiatan yang dipelopori Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan bekerja sama dengan TP PKK Provinsi Kalimantan Selatan ini dilaksanakan aula Kantor Badan Pengembangan Sumber daya manusia Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Sabtu (05/08).

Hj. Roesdeawati Rudy Resnawan  dalam sambutannya menyampaikan pemerintah sedang menggalakkan pemenuhan gizi yang lengkap dan seimbang melalui menu makanan yang beragam, bergizi, seimbang dan aman bagi keluarga terutama anak-anak.

Yakni menu berisikan aneka ragam bahan pangan yang dikonsumsi  dalam jumlah seimbang untuk memenuhi kecukupan gizi yang dianjurkan serta tidak tercemar bahan berbahaya seperti pestisida.


Untuk itu, pelaksanaan lomba cipta menu B2SA ini tentunya sangat sejalan dengan upaya untuk membangun manusia Indonesia yang lebih baik, yaitu yang lebih sehat, aktif dan produktif.

“sejak dahulu sampai sekarang orang banjar terkenal sebagai  pembuat wadai tradisonal yang beraneka ragam, lomba ini juga salah satu upaya untuk melestarikan berbagai aneka penganan tradisional dan inovasi dalam hal keanekaragaman menu masakan”, ucapnya.

Ketua TP. PKK Kabupaten Banjar, Hj.Raudhatul Wardiyah Khalilurrahman kepada Bagian Protokol Humas Kabupaten Banjar mengatakan kabupaten Banjar memiliki potensi disektor pertanian dan perikanan yang cukup besar.

Oleh karena itu, optimalisasi sumber daya lokal yang kita miliki ini menjadi sangat diperlukan sehingga harapan kita untuk mewujudkan kedaulatan dan kemandirian pangan bisa dicapai.

Hj.Raudhatul WardiyahKhalilurrahmanmenambahkan dengan adanya lomba cipta menu B2SA ini dapat dijadikan wadah yang tepat untuk mensinergikan peran dan kontribusi seluruh elemen masyarakat daerah dalam mensosialisasikan pola konsumsi pangan yang baik itu seperti apa.
 
Tampak hadir dalam lomba cipta menu B2SA Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan selatan H. Suparno Ketua Dharma Wanita Kabupaten Banjar Hj. Budiarti Nasrunsyah, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Banjar H. Eddy Hasby.

Peserta lomba cipta menu B2SA ini sendiri diikuti  Tim TP PKK 13 kabupaten/kota  se-Kalimantan Selatan. Dari hasil penilaian lomba cipta B2SA TP PKK kabupaten Banjar berhasil meraih Juara Harapan satu, sedangkan TP PKK Tabalong meraih Juara Harapan dua dan TP PKK Hulu Sungai Utara  Juara  Harapan tiga.
 
Sedangkan juara satu lomba cipta menu B2SA diraih TP PKK  Banjarbaru, juara dua TP PKK Kabupaten Tanah Bumbu, dan Juara tiga TP PKK Kabupaten Tapin dan juara menu favorit menurut Hj. Roesdeawati Rudy Resnawan  diraih Hulu Sungai Selatan dengan nasi gorengnya./f



Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017