Balangan, (Antaranews Kalsel) - Sesuai Visi dan Misi pemerintah, "terwujudnya Kabupaten Balangan, yang maju dan sejahtera melalui pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dan tergambar dalam misi mewujudkan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan, kini mulai tampak hasilnya.

Meskipun dengan perlahan namun pasti, SDM Balangan terus meningkat di bidang pendidikan, antara lain program keahlian perikanan di SMK PPN Paringin mulai menunjukkan hasil yang membanggakan, dengan diraihnya sertifikat keahlian, yang tak hanya berlaku di regional dan nasional tetapi juga internasional.

Dikatakan Kepala SMK PPN Paringin, Syahruddin, sebanyak 15 siswa kelas XII setempat, lulus pada uji kompetensi bidang perikanan yang diselenggarakan oleh Tempat Uji Kompetensi (TUK) Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Kalsel, pada November 2016  dan mendapatkan sertifikat keahlian di bidang perikanan.

"Sertifikat keahlian ini berlaku selama empat tahun terhitung sejak SK ini diserahkan‬. Dengan demikian maka siswa lulusan SMK PPN Paringin tersebut sudah siap untuk memasuki dunia kerja sesuai dengan sertifikat kompetensi kerja yang mereka miliki‬," jelasnya.

Dengan sertifikat tersebut mereka sudah mampu bersaing untuk memasuki bursa kerja di bidang perikanan, karena itu berarti mereka sudah memiliki keahlian khusus sesuai dengan kebutuhan instansi maupun lembaga yang membutuhkan.

Tak hanya itu mereka juga mampu bersaing di era global karena sertifikat ini bisa digunakan untuk mencari pekerjaan baik di Indonesia maupun di luar negeri.‬ ‪

Disebutkan, kompetensi yang diujikan kepada siswa saat itu adalah melakukan pembenihan ikan (fish seeding), melakukan pengendalian hama penyakit ikan (pest and disease fish) dan mengkultur pakan alami (culturing the natural feed), pungkasnya.

Ini membuktikan semakin meningkatnya Sumber Daya Manusia dengan kehandalan pendidikan, sehingga mampu di implimentasikan pada peningkatan produktivitas rakyat dan daya saing, sehingga masyarakat Balangan bisa maju dan bangkit di dunia kerja baik tingkat lokal/nasional maupun international.

Untuk diketahui, hal tersebut cukup selaras dengan salah satu implementasi Nawacita, yaitu Nawacita ke-enam, Meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional sehingga bangsa Indonesia bisa maju dan bangkit bersama bangsa-bangsa Asia lainnya.

Dimana pada kriteria ini, meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional, yang dimulai dari bidang pendidikan, dengan menciptakan Sumber Daya Manusia yang handal dan terampil.

Yang pada akhirnya akan mampu untuk meningkatkan ekonomi dan kesejahteraannya di masa yang akan datang.

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017