Amuntai, (Antaranews.Kalsel) - Penyaluran bantuan sosial kini lebih mudah karena Kementerian Sosial sudah menggandeng sejumlah perbankan untuk turut menyalurkan melalui rekening tabungan salah satunya Bank Mandiri, bahkan dengan menerbitkan kartu keluarga sejahtera bantuan bisa diambil melalui mesin Anjungan Tunai Mandiri atau ATM.

Regional CEO Bank Mandiri di Kalimantan, Anton Zulkarnain di Amuntai, Kamis mengatakan, Bank Mandiri menyalurkan dana bantuan sosial (Bansos) nontunai Program Keluarga Harapan (PKH) untuk Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sebesar Rp4,7 miliar.

"Hingga kini kita sudah menyalurkan dana PKH tahap I dan II kepada 549 keluarga penerima manfaat dari sebanyak 4772 keluarga yang berhak menerima bantuan di Kabupaten HSU," ujar Anton.

Anton mengatakan, bantuan PKH disalurkan setiap triwulan sebesar Rp500 ribu per kepala keluarga atau total Rp1.890.000 per kk di 2017.

Seiring peluncuran (Launching) penyaluran bansos non tunai PKH oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pihak Bank Mandiri membagikan dana PKH kepada 549 keluarga penerima maanfaat (PKM).

Kegiatan penyaluran dana PKH dilaksanakan pihak Bank Mandiri di Lapangan Pahlawan Amuntai dan sempat mendapat peninjauan oleh Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dan Bupati HSU Abdul Wahid.

Diterangkan, dana PKH akan disalurkan melalui 27 agen dan e-warung yang terkait dengan Bank Mandiri di Wilayah Kabupaten HSU, dimana jumlah agen akan dikembangkan hingga menjadi 60 agen guna memperlancar proses penyaluran dana PKH.

"Masyarakat bisa mengambil dana PKH di agen dan e-warung Bank Mandiri dengan bertransaksi menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS, dengan adanya fitur tabungan di KKS ini masyarakat juga bisa menabung jika tidak menarik ingin menarik kontan dana PKH yang disalurkan," terang Anton.

Melalui fitur e-warung masyarakat juga bisa bertransaksi untuk membeli kebutuhan pokok sehingga bisa membantu masyarakat memanfaatkan dana bantuan PKH secara optimal.

Anton juga mengatakan total dana PKH yang disalurkan Bank Mandiri di wilayah Kalimantan sebesar Rp86,3 M kepada sebanyak 86.354 KPM untuk penyaluran tahap I dan II. Selain menyalurkan dana PKH, Bank Mandiri juga akan menyalurkan bansos lainnya seperti Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) kepada tiga juta KPM di 23 provinsi.

"Keterlibatan Bank Mandiri dalam menyalurkan dana bansos pemerintah ini merupakan komitmen perseroan sebagai bank milik negara dalam ikut memakmurkan dan mensejahterakan negeri," katanya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017