Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Kepengurusan Forum Lembaga Kursus dan Pelatihan (PLKP) periode 2017-2022 di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) akan segera dibentuk dalam waktu dekat.

Sekretaris Forum PLKP Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Slametno di Kandangan, Senin (17/7) mengatakan pembentukan sejalan dengan surat mandat Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Forum PLKP agar dibentuk kepengurusan tingkat Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan.

"Kami mengharapkan agar kawan-kawan pengurus Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) di Kabupaten HSS menyusun kepengurusan di Dewan Pengurus Cabang HSS karena pelantikan dan pengukuhan akan di dilaksanakan secara serentak,"katanya.

Menurut dia, pembentukan forum ini  yang telah dikukuhkan pusat sejak bulan Mei 2017 lalu bukanlah saingan organisasi sejenis yang telah ada seperti HIPKI, HISPPI, HP3KI atau pun HILLSI, tapi dalam rangka memperluas jaringan kemitraan demi memajukan LKP.

Forum selain bermitra dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Anak Usia  Dini dan Pendidikan Masyarakat (PAUD dan Dikmas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI juga bermitra dengan langsung dengan Kementerian Ketenagakerjaan, Koperasi dan UKM, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Dijelaskan dia, forum bersifat terbuka bagi semua pengelola LKP termasuk Pengelola Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang menyelenggarakan kursus dan pelatihan dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan di daerah masing-masing.

Untuk Kabupaten HSS, Forum PLKP Kalsel telah memberikan mandat kepada Rudiansyah, pengelola LKP setempat untuk menyusun kepengurusan forum melalui musyawarah dan mufakat agar terbentuk kepengurusan yang mengakar dan berasal dari aspirasi pengelola LKP.

Kabid PAUDNI dan Dikmas, Dinas Pendidikan HSS, H Zainal Abidin mengatakan saat ini terdapat 14 LKP dan 16 buah PKBM yang tersebar di sebelas kecamatan, di Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017