Pelaihari, (Antaranews Kalsel) - Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanah Laut, Muhammad Noor mengatakan, Tanah Laut, menjadi salah satu tuan rumah Gala Desa 2017.


"Gala Desa di Tanah Laut digelar dari tanggal 22 Juli sampai 13 Agustus 2017," ujar Kadis Pemuda dan Olahraga Tanah Laut Muhammad Noor, di Pelaihari, Senin (3/7).

Menurut dia, pelaksanaan serentak di 34 provinsi, 136 kabupaten/kota dab diselenggarakan di 816 desa atau kelurahan dan setiap desa atau kelurahan menyelenggarakan satu cabang olahraga.

"Cabang olahraga dipertandingkan yakni, sepakbola, sepaktakraw, bola voli, bulutangkis, tenis meja dan atletik," ucapnya.

Dijelaskannya, Gala Desa merupakan sebuah implementasi gerakan Ayo Olahraga guna terciptakanya pemberdayaan olahraga di masyarakat desa atau kelurahan.

"Dari kegiatan itu diharapkan terciptanya budaya olahraga di masyarakat pedesaan maupun kelurahan dalam rangka meningkatkan kebugaran dan kesehatan jasmani, munculnya masyarakat berpotensi olahraga dan memiliki karakter yang kuat," harapnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, Gala Desa merupakan bagian penting untuk menjawab tentang Inpres No.1/2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat melalui aktivitas fisik.

"Gala Desa sebagai bentuk implementasi nawacita Presiden RI melalui pembangunan yang dimulai dari desa," tegasnya.

Maksud dari kegiatan itu, tegas dia,  untuk mendukung Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) melalui gerakan Ayo Olahraga.

"Sedangkan tujuan dari Gala Desa itu sendiri menjadikan masyarakat sehat dan bugar, terciptanya ketahanan sosial, menggali potensi atau bakat olahraga yang berasal dari desa atau kelurahan untuk dikembangkan di tingkat nasional dan internasional." tandasnya.


Pewarta: arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017