Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kapolda Kalsel Brigjen Pol Rachmat Mulyana di Banjarmasin, mengatakan meningkatnya volume kendaraan bermotor para pemudik diharapkan dapat diimbangi dengan intensifnya patroli kepolisian di sepanjang jalur mudik di wilayah ini.


"Saya sudah perintahkan anggota untuk mengintensifkan patroli di jalur mudik baik di lintas arah Hulu Sungai hingga ke Tabalong maupun jalur pesisir ke arah Kabupaten Kotabaru," katanya, Jumat.

Menurut Kapolda, kilometer yang panjang dengan kecepatan tinggi mesti diwaspadai bersama. Baik pemudik yang melintas ataupun polisi yang bertugas di lapangan.

"Anggota harus siaga di titik-titik rawan laka lantas ini, dan hendaknya memasang spanduk atau banner-banner peringatan kepada pengendara agar selalu berhati-hati, pokoknya seluruh satuan fungsi harus keroyokan terjun ke lapangan bukan hanya Satlantas," ucap Kapolda.

Terus dikatakannya, seperti Jalan Ahmad Yani yang membentang cukup panjang di Kabupaten Banjar dari Kota Martapura hingga ke perbatasan Kecamatan Binuang Kabupaten Tapin, jalur trek cepat ini dinilai rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Kami imbau pengendara untuk beristirahat jika lelah dan tidak memaksakan diri berkendara dalam kondisi konsentrasi sudah menurun seperti mengantuk," ujar Kapolda menekankan ketika ditemui di Pos Pengamanan Operasi Ramadniya Intan 2017 Polres Banjar di depan Pasar Batuah Martapura.

Terkait keberadaan pos pengamanan dan pelayanan Kepolisian tersebut, Rachmat berharap dapat dimaksimalkan oleh masyarakat untuk memperoleh informasi seputar arus mudik, data laka lantas dan laporan situasi Kamtibmas hingga sekedar numpang beristirahat.

Sementara Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete mengaku telah menginstruksikan jajarannya agar memberikan pelayanan maksimal selama Ramadhan dan menyambut momen Lebaran.

"Seperti Pos Pengamanan di pusat Kota Martapura ini, kami siagakan juga petugas kesehatan lengkap dengan tempat istirahat bagi warga yang mampir, jadi silahkan masyarakat memanfaatkannya petugas kami dengan senang hati memberikan pelayanan terbaik," tutur Takdir.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017