Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan siap mendukung rencana Pemkab Kotabaru Kalimantan Selatan untuk mengembangkan tanaman meranti putih (shorea bracteolata dyer) hingga 3.000 hektare di kawasan hutan lindung Sebelimbingan, Pulau Laut Utara.


"Jika Pemkab Kotabaru serius untuk mengembangkan tanaman meranti putih hingga 3.000 hektare, maka kami siap memberikan dana untuk biaya pengembangannya," kata Menteri Kehutanan di Kotabaru, Rabu.

Dukungan Kementerian Kehutanan tersebut akan diwujudkan dengan mengalokasikan dana sebesar Rp15 miliar untuk budidaya meranti putih seluas 3.000 ha.

"Setiap hektare akan mendapatkan alokasi dana untuk tanam dan operasional sebesar Rp5 juta," imbuhnya.

Bupati Kotabaru H Irhami Ridjani mengatakan, saat ini tanaman meranti putih di Desa Sebelimbingan tersisa sekitar 8,3 hektare dari sekitar 300 hektare.

"Sebagian besar tanaman meranti yang ditanam PT Inhutani sekitar tahun 70-an itu dibabat oleh perambah hutan," paparnya.

Meski telah banyak yang dijarah, Pemkab Kotabaru berencana untuk  mengembangkan tanaman meranti yang lebih luas lagi yakni, hingga 3.000 hektare.

Namun perlu dukungan dari Pemerintah Pusat, khususnya Kementerian Kehutanan.

"Jika program ini terwujud, akan dinamai taman hutan meranti putih 'Zulkifli Hasan'," ujarnya.

Agar masyarakat Kotabaru, atau yang datang ke kawasan hutan meranti putih mengenang bahwa Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan pernah berkunjung kemari, tambahnya./C*C

Pewarta:

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2011