Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Unit Satuan Fungsi Polsekta Banjarmasin Timur, terus meningkatkan patroli ke pemukiman rumah warga untuk cipta kondisi keamanan serta antisipasi tindak kriminalitas di wilayah kota setempat.
     
"Memang benar, selama Bulan Ramadhan patroli ke pemukiman warga terus kami tingkatkan," kata Kapolsekta Banjarmasin Timur Kompol Dese Yulianti SH Map di Banjarmasin, Minggu.
     
Dia mengatakan, patroli dilakukan di jam-jam rawan terjadi tindak kriminalitas seperti siang hari di mana warga sibuk bekerja dan di malam hari, hingga menjelang sahur.
     
Kegiatan itu dilakukan selain untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat juga sebagai bentuk menjalankan perintah dari pimpinan agar selalu meciptakan Kamtibmas yang kondusif.
     
Bukan itu saja, patroli yang dilakukan anggota di lapangan juga menyambangi para penjaga malam agar selalu waspada dan berhati-hari dalam menjalankan tugasnya.
     
"Kami juga mendatangi petugas jaga malam atau Poskamling di pemukiman warga untuk memberikan sosialisasi terkait cipta kondisi Kamtibmas," ucap wanita berpangkat Komisaris Polisi itu.
     
Lanjutnya, masyarakat diminta bisa menjaga keamanan dan ketertiban bersama selama Bulan Ramadhan dengan cara tidak mengkonsumsi minum-minuman keras atau obat-obatan yang dilarang.
     
Terus dikatakannya, untuk antisipasi bahaya pencurian, pastikan rumah sudah terkunci sebelum meninggalkan serta bahaya kebakaran, pastikan api kompor di dapur sudah benar-benar mati.
     
Kemudian, untuk antisipasi bahaya pencurian kendaraan bermotor, masyarakat diminta untuk membuat kunci pengaman tambahan seperti kunci ganda dan juga kunci rahasia.
     
Diharapkan masyarakat juga tidak membunyikan petasan dan sejenis yang bisa mengganggu kekhusyukan umat dalam menjalani ibadah di Bulan Suci Ramadhan.
     
"Semoga imbauan itu bisa dijalani dan ikuti oleh masyarakat sehingga bisa terhindari dari segala gangguan Kamtibmas dan apabila ada melihat suatu kejadian kriminalitas segera lapor ke Polsekta Banjarmasin Timur," tutur Kapolsek yang akrab dengan awak media itu. 
     

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017