Amuntai, (Antaranews.Kalsel) -Momentum Ramadan menjadi waktu yang tepat dipilih Dinas sosial Kabupaten Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan untuk menyalurkan bantuan paket sembako bagi fakir miskin, lansia dan para penerima program keluarga harapan.


Kepala Dinas Sosial Rizali Eswansyah di Amuntai, Jum'at mengatakan paket sembako yang disalurkan merupakan bantuan Dinas Sosial Provinsi melalui program pemenuhan kebutuhan pangan.

"Momentum Ramadan merupakan saat yang tepat menyalurkan bantuan paket sembako dimana biasanya kebutuhan akan sembako meningkat sedangkan harga sembako dipasar cenderung mahal," ujar Rizali.

Rizali.mengatakan, sebanyak 5200 paket dibagikan yakni 2100 paket sembako diberikan kepada fakir miskin, 1750 paket bagi warga lanjut usia dan 1350 paket kepada penerima program keluarga harapan di 10 kecamatan.

Ia mengatakan, bantuan disalurkan secara bertahap selama Ramadan, hingga kini baru sekitar empat kecamatan yang menerima bantuan paket sembako.

Bantuan paket sembako yang dibagikan terdiri dari beras sebanyak 5 liter, minyak goreng 1 liter, gula pasir 1 liter, tepung terigu 1 kg, susu kental manis 1 kaleng, margarine 1 bungkus, mie instan 5 bungkus dan teh celup 2 kotak.

Selain penyaluran bantuan paket sembako, dibulan Ramadan ini pihak Bulog juga mulai penyaluran bantuan program subsidi beras untuk keluarga berpendapatan rendah (Rastra) yang dulu dikenal dengan program bantuan beras miskin atau Raskin. Sebanyak 14.756 kepala keluarga akan menerima bantuan sebanyak 2.656.080 kg beras untuk 12 bulan.

"Setelah diantar ke kecamatan, Rastra langsung diantar ke tiap desa, jadi masyarakat tidak perlu mengambil sendiri bantuan ke ibu kota kecamatan," katanya.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Eddy Abdillah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017