Kotabaru (Antaranews Kalsel) - Pemerintahan Kabupaten Kotabaru yang dipimpin Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru, Kalimantan Selatan, H Sayed Jafar-Burhanuddin, kini memprioritaskan pembangunan infrastruktur, demi kelancaran transportasi, darat dan laut.


"Sektor transportasi, baik darat maupun laut, yang menghubungkan antarkecamatan maupun antarpulau, menjadi syarat paling mendasar bagi berkembangnya masyarakat Kotabaru," kata bupati, pada puncak peringatan hari jadi ke-65 Kabupaten Kotabaru, di Kotabaru, Rabu.

Untuk itu, lanjut dia, sejak diberi amanah untuk memimpin daerah ini (2016-2021), pihaknya telah menjadikan sektor ini sebagai prioritas utama di samping sektor-sektor lainnya.

Sebagai daerah terluas di Provinsi Kalimantan Selatan, dengan kondisi geografis yang strategis, dan terdiri dari daratan, lautan serta kepulauan, menjadi tantangan tersendiri dalam membangun Kotabaru.

Namun semua itu bukanlah penghalang bagi Sayed Jafar-Burhanuddin untuk terus bekerja dan berjuang demi mengejar ketertinggalan hingga dapat membawa Kotabaru semakin maju dan jaya di masa yang akan datang.

Potensi alam yang dimiliki, tentunya tidak akan berarti, jika tidak dapat memberikan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Kotabaru.

"Untuk itu, kita terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat," tuturnya.

Terutama pembangunan infrastruktur, dan transportasi yang mendukung bagi pengembangan usaha, perekonomian masyarakat serta sektor-sektor unggulan seperti agrobisnis, kepariwisataan dan kelautan.

Sementara itu, pada APBD Kotabaru murni 2017, pemerintah daerah melakukan perbaikan dan peningkatan jalan dengan anggaran sedikitnya 48 miliar yang terbagi dalam tiga wilayah, wilayah I, II dan III, masing-masing wilayah mendapatkan porsi Rp16 miliar.

Wilayah I perbaikan dan peningkatan jalan dilakukan di jalan Poltek-Gunung Sari, Bekambit, Tanjung Selayar, Sekapung, Blok, A dan C, Karya Utama, serta Baharu Utara.

Wilayah II perbaikan dan peningkatan jalan dilakukan di Cantung, Tanjung Batu, Kelumpang Utara, dan Kelumpang Barat. Wilayah III di Tanjung Smalantakan, Sengayam, Sungai Durian dan Bakau, Pamukan Utara.

Selain dibiayai oleh APBD Kotabaru, perbaikan dan peningkatan jalan juga dibiayai oleh pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). Wilayah II di Pantai, Kelumpang Selatan, dan Hampang. Wilayah III di Pamukan Selatan.***3***





(T.I022/B/H005/H005) 31-05-2017 23:33:55

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017