Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan mengadakan kegiatan keagamaan berupa silaturrahmi, sosialisasi dan tausiah selama 4 minggu berturut-turut di kecamatan Kandangan beberapa waktu yang lalu.

Kegiatan ini dilaksanakan di 20 Mesjid, antara lain Masjid Al Maruf Desa Bangkau, Masjid Jami'atul Faizin Desa Simpang Empat Lungau, Masjid Jam'iyyatul Gulam Desa Sungai Paring Dalam , dan Masjid Nurul Hidayah Desa Banua Hanyar.

Ketua Umum MUI Kecamatan Kandangan KH M Saifuddin mengatakan di setiap kunjungan didampingi Wakil Ketua H M Husni, Penasehat, H. Fahrudin, Drs Salman , Bidang Fatwa, H M Arifin , dan bagian Humas Mahyudin Nor.

Juga turut serta dalam rombongan tersebut  Plt. Sekcam Kandangan Ronaldy Putra, Kapolsek Kandangan Iptu. H. Ghandi Ranu, Danramil 1003-4 / Kandangan Kapten CPI. Marhani, serta Kepala KUA Kecamatan Kandangan H. Muhammad Syahrial.

"Dalam setiap kunjungan disampaikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai perlunya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas)," katanya.

Sosialisasi terutama dilakukan  di desa yang akan menyelenggarakan Pilkades dan  himbauan untuk memelihara hasil proyek pembangunan yang ada di wilayah masing-masing.

Pada kesempatan tersebut, juga disampaikan beberapa program terutama tentang  Undang-Undang Perlindungan Anak, sosialisasi bahaya Narkoba, sosialisasi tentang wawasan kebangsaan, persatuan dan kesatuan bangsa.

Selain itu, juga pencegahan pernikahan dini serta biaya pernikahan di balai nikah dan di luar balai nikah, selain kegiatan tausiah sekaligus peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW.

Ditambahkan dia, tausiah disampaikan agar mengingatkan kepada masyarakat akan kewajiban shalat lima waktu dan seruan untuk menerapkan sholat berjamaah di masjid atau langgar.

Acara ini mendapatkan sambutan yang positif dari masyarakat dengan banyaknya jamaah yang hadir pada tiap pelaksanaan acara.

Diharapkannya, dengan kegiatan ini akan membuka wawasan masyarakat akan hal-hal yang disosialisasikan sekaligus sebagai sarana untuk makin meningkatkan keimanan, ketaqwaan dan mendekatkan diri pada Allah SWT.

"Insya Allah kegiatan ini akan terus dilanjutkan dan dilaksanakan pada tahun-tahun berikutnya",ujarnya.

Pewarta: fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017