Pelaihari, (Antaranews Kalsel)- Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan, Bambang Alamsyah mengatakan, pada tahun 2018 Pemkab Tanah Laut membangunkan embung di Desa Mekar Sari, Kecamatan Kintap.

"Pembangunan embung seluas empat hektare di Desa Mekar Sari sangat penting untuk membantu ketersediaan air sawah petani," ujar Bupati Tanah Laut Bambang Alamsyah,di Pelaihari, Kamis.

Menurut dia, pembangunan embung seluas empat hektare tersebut dianggarkan sebesar Rp2 miliar melalui APBD murni Pemkab Tanah Laut 2018.

Diutarakannya, untuk ketersediaan lahan embung saat ini tidak ada kendala, karena lahannya sudah tersedia dari hibah warga setempat.

Untuk itu, dia meminta, Dinas Pekerjaan Umum dan Penatan Ruang Tanah Laut memperhatikan pembangunan embung yang akan dilaksanakan pembangunannya tahun 2018 mendatang.

Apabila embung sudah dibangun, jelas dia, maka produksi padi di Kecamatan Kintap, khususnya Desa Mekar Sari dapat meningkat dari 3,5 ton per hektare menjadi 7 sampai 8 ton per hektare.

Selain membangunkan embung, sebut bupati, Pemkab Tanah Laut juga membantu alat dan mesin pertanian berupa mesin perontok padi dan handtraktor.

Terpisah, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Tanah Laut Ahmad Mustahdi mengakui, kurangnya produksi padi petani Desa Mekar Sari salah satu penyebabnya adalah, kurangnya ketersediaan air.

Namun, terangnya, dengan dibangunkannya embung di desa tersebut, pihaknya optimis produksi padi mengalami peningkatakan yang cukup signifikan.

Untuk itu, dia meminta, para petani di Desa Mekar Sari terus meningkatkan luas tanam padi, sehingga hasilnya dapat membantu kesejahteraan para petani.

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017