Rantau, (Antaranews Kalsel) - Warga Desa Beramban Kecamatan Piani Kabupaten Tapin beramai-ramai menanam pohon sirsak di pekarangan rumah masing-masing.

Camat Kecamatan Piani M Noor mengatakan penanam bibit pohon Sirsak tersebut dalam rangka dukungan kami dengan program Bupati Tapin HM Arifin Arpan agar setiap desa di Tapin memiliki satu tanaman unggulan disetiap Desanya, Selasa (18/4).

"Bupati ingin setiap desa di Tapin memiliki tanaman unggulan agar setiap desa memiliki ciri khasnya," ujar Camat.

Dijelaskan Camat, sebanyak 600 bibit pohon dengan nama latin Annona Muricata tersebut bantuan pihak ketiga yakni perusahaan pertambangan PT Bhumi Rantau Energi (BRE).

"Setiap Kepala Keluarga (KK) diberi sebanyak dua bibit pohon sirsak, sehingga sebanyak 300 KK di desa Beramban mendapat pohon tersebut," terang Camat.

Selain sebagai upaya mendukung program Bupati, penanaman 600 bibit pohon Sirsak tersebut juga sebagai dukungan untuk menjadikan Desa Beramban menajdi desa Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) di Kabupaten Tapin.

Sementara itu, Ketua TP PKK Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan berharap dengan adanya bantuan 600 bibit pohon Sirsak tersebut warga bisa lebih mengelola lahan pekarangannya dan bisa bermanfaatkan untuk kedepannya.

"Bantuan yang sudah diberikan harap dijaga dan dirawat, karena pohon Sirsak banyak manfaatnya, selain buahnya banyak vitaminnya, daunnya pun bisa menjadi obat-obatan herbal," kata Ratna.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017