Barabai, (AntaraNews Kalsel) - Berbeda dengan Madrasah pada umumnya, yang hanya melakukan shalat  dzuhur berjamaah ketika jam sekolah masih berlangsung, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I  Barabai juga melakukan gerakan shalat subuh berjamaah yang diikuti seluruh guru dan murid-muridnya sebulan sekali.

Kepala Madrasah (Kamad), Tri Joko Waluyo,  di ruangannya menyampaikan, kegiatan shalat subuh berjamaah tersebut dilaksanakan di Masjid Agung Riyadusshalihin Barabai setiap hari jum'at di awal bulan, yang tujuannya melatih murid-muridnya untuk terbiasa beribadah dan bangun pagi untuk melaksanakan sholat subuh.

"Ini merupakan program baru di MAN 1 HST, dan mungkin satu-satunya di Kalimantan, tetapi shalat subuh berjamaah ini bukanlah untuk pamer, akan tetapi untuk melatih dan membiasakan diri kita pribadi dan warga MAN 1 HST melangkahkan kakinya datang ke masjid dan insyaallah akan dilaksankan secara rutin," katanya.

Menurut Kamad, kegiatan tersebut utamanya ditujukan kepada siswa agar menjadi generasi yang berkualitas, yang mampu berguna dirinya sendiri terlebih-lebih orang lain.

''Semoga program baru ini mampu berjalan dengan baik kedepannya,'' pungkasnya.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, Subhan, mengungkapkan rasa syukurnya karena program baru tersebut mampu disambut baik siswa dan untuk siswi di anjurkan di dampingi orang tua, wali atau muhrimnya. 

''Semoga dengan kegiatan ini karakter siswa akan menjadi lebih baik dan menjadikan siswa dan siswi MAN 1 HST menjadi lebih agamis,'' harapnya.

Lebih lanjut Dia mengatakan, dalam program baru tersebut, untuk mempererat tali silaturahmi, Madrasah juga menyediakan sarapan pagi kepada murid dan para jamaah Masjid Agung Riyadusshalihin, yang di sediakan di halaman madrasah.

"Para siswapun mengapresiasi apa yang sudah dicanangkan oleh madrasah dan senada dengan program Pemerintah Daerah yang juga mengadakan kegiatan subuh keliling," katanya.

 Diharapkan melalui program  bangun pagi membawa perubahan kearah yang lebih baik yang utamanya untuk kita pribadi maupun masyarakat Kabupaten HST pada umumnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017