Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menyiapkan lahan untuk pembangunan Kebun Raya Tanjung Puri di Desa Kasiau Kecamatan Murung Pudak sebagai area konservasi berbagai jenis tumbuhan.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Tabalong Rosdianoor di Tanjung, Kamis mengatakan luasan kebun raya yang sudah disiapkan sekitar 50 hektare.

"Surat keputusan penetapan lahan kebun raya tengah kita persiapkan termasuk penyusunan masterplan sebagai tahap awal pembangunan," jelas Rosdianoor.

Selain ini juga dibentuk tim penilai oleh Dinas Pertanian setempat terkait penilaian jenis tanaman pengganti untuk keperluan konservasi di wilayah tersebut.

Kawasan Tanjung Puri di Desa Kasiau sendiri ungkap Rosdianoor sudah ditetapkan sebagai obyek pengembangan wisata dan penelitian flora dan fauna seusai Perda Nomor 9 tahun 1998.

Terkait pembangunan kebun raya Tanjung Puri Tabalong Bappeda bersama Pusat Konservasi Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah menandatangani perjanjian kerjasama pada Desember 2016.

Dalam perjanjian kerjasama nomor 3697/IPH.3/KS/XII/2016 dan B.993/Bappeda-Litbangtik/050/12/2016 menyebutkan keberadaan kebun raya untuk mengoleksi dan mendayagunakan tumbuhan Kalimantan khususnya berpotensi hortikultura.

Termasuk menyediakan tempat penelitian dan pendidikan serta laboratorium alam.

Sedangkan ruang lingkup pelaksanaan perjanjian kerjasama meliputi pembangunan kebun raya seluas 24 hektare, penyediaan sarana dan prasarana dan koleksi tumbuhan.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017