Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia Hulu Sungai Selatan (DPD KNPI HSS)  bekerja sama dengan Dinas Pendidikan HSS kembali menggelar kegiatan napak tilas Luran Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan Tahun 2017.

Ketua DPD KNPI HSS Agus Abdi Riswandi sekaligus penasehat kegiatan menjelaskan dana kegiatan bersumber dari Pemkab HSS melalui Dinas Pendidikan HSS, untuk tahun ini dilaksanakan oleh diketuai H Abdul Hadi, OKP Pemuda Panca Marga (PPM) HSS didukung seluruh elemen kepemudaan di HSS.

"Kepanitian kegiatan sesuai arahan Bapak Bupati HSS H. Achmad Fikry menggandeng organisasi kepemudaan yang ada di Hulu Sungai Selatan seperti Mapala Meratus Hijau, HMI, Tagana, Orari, Pramuka dan lainnya",ujarnya.

Dijelaskanya untuk pendaftaran peserta tidak dipungut biaya namun untuk pertim yang terdiri dari 5 (lima) orang akan memberikan kontribusi Rp50 ribu per tim untuk asuransi karena tidak ditanggung oleh Panitia Pelaksana sementara untuk biaya akomodasi, transfortasi, konsumsi dan lainnya selama kegiatan menjadi tanggungan panitia.

Pendaftaran peserta terbuka untuk umum sudah dimulai sejak 10 April 2017 lalu hingga tanggal 16 Mei 2017 di Sekretariat DPD KNPI HSS yang bertempat di Gedung MTQ Lantai 1, Kandangan dengan technical meeting tanggal 16 Mei 2017, pelaksanaan kegiatan napak tilas pada tanggal 17 Mei sampai 20 Mei 2017.

Diungkapkan dia, untuk sosialisasi kegiatan napak tilas pihaknya secara aktif telah melakukan pendekatan penyebaran brosur  dengan mendatangi secara langsung ke sekolah-sekolah, penyebar luasan info kegiatan juga melalui media sosial, cetak  dan elektronik, diharapkannya jumlah pesertanya seperti pelaksanaannya sebelumnya juga ditarget di atas 100 tim.

Adapun berdasarkan pengalaman sebelumnya kegiatan ini semarak karena diikuti ratusan tim peserta yang tidak hanya dari lokal tapi juga dari luar daerah seperti dari Barito Timur, Kalimantan Tengah termasuk penggelaran seni budaya dari tim luar daerah yang dipersembahkan saat rangkaian kegiatan Napak Tilas di Kabupaten HSS.

Harapannya dengan terselenggaranya kegiatan ini agar generasi muda yang memang mayoritas menjadi peserta napak tilas dapat meneladani jejak perjuangan pahlawan dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan mendapatkan pengalaman spiritual dan emosial untuk bekal mengisi kemerdekaan yang telah diwariskan para pahlawan di negeri ini. 



Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017