Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Kantor Seksi Logistik Kotabaru, menyalurkan sekitar 155 ton Beras Pra Sejahtera (Rastra) bagi Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTSPM) di 10 kecamatan di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Kepala Kantor Logistik Kabupaten Kotabaru, Supiansyah, di Batulicin, Senin, mengatakan Rastra merupakan pengganti nama dari Beras Miskin (Raskin). Rastra yang akan didistribusikan kepada masyarakat Tanah Bumbu dengan sasaran 10.339 rumah tangga yang terbagi dari 149 desa.

"Banyak Rastra yang akan diserahkan di setiap kecamatan jumlahnya berbeda-beda dan disesuaikan dengan jumlah data RTSPM di masing - masing kecamatan," katanya.

Distribusi pertama akan disalurkan di Kecamatan Kusan Hilir dengan jumlah 35 desa akan menerima sekitar 77 ton beras.

Sedangkan untuk kecamatan yang lain tergantung permintaan dari pihak kecamatan masing - masing, yang pasti Kantor Logistik siap melayani penyaluran Rastra itu sesuai data RTSPM yang ada.

Dijelaskan, untuk melakukan pemerataan swasembada pangan, Logistik Kotabaru sebelumnya juga melakukan kerja sama dengan petani berupa pembelian gabah kering giling dari petani di Tanah Bumbu.

"Kami sangat berharap bisa membeli gabah/beras hasil panen petani lokal target kami 2016 mampu membeli/menyerap hasil panen petani lokal sekitar 1.500 ton, namun kenyataannya kami hanya mampu menyerap sekitar 135 ton," terangnya.

Salah satu faktor tidak tercapainya target tersebut, karena harga beras di masyarakat/petani diatas Rp9.000/kg lebih tinggi dari harga yang ditetapkan pemerintah Rp7.300/kg.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017