Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - Para wakil rakyat di Kabupaten Kotabaru, belajar mengembangkan koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.


Wakil Ketua Komisi II DPRD Kotabaru, Mustakim, di Kotabaru, Senin, mengatakan salah satu komitmen legislatif dalam usaha menggiatkan perekonomian rakyat yaitu dengan mendorong tumbuhkembangnya koperasi dan usaha kecil menengah.

"Kami mengharapkan agar ekonomi kerakyatan bisa tumbuh dan berkembang, melalui lembaga yang sudah familiar bagi masyarakat yakni koperasi," kata Mustakim.

Diungkapkannya, pemerintah pusat melalui sejumlah kementerian telah mengalokasikan dana yang besar dari APBN dalam membantu perekonomian rakyat.

Melihat peluang besar ini, lanjut dia, hendaknya daerah menanggapi dengan cermat dan jeli untuk mendapatkan kesempatan mendapatkan alokasi tersebut.

Berbagai sektor dan bidang yang mempunyai potensi besar di Kotabaru, diantaranya perikanan, perkebunan dan peternakan. Dan ternyata kementerian menyiapkan dana besar untuk ini.

Kaitannya dengan tujuan kunjungan kerja dalam rangka mengkaji terhadap pembinaan koperasi dan UKM di Banjarmasin ini, ia berharap dapat masukan bagi Kotabaru yang nantinya dapat diadopsi dan diterapkan bagi masyarakat Bumi Saijaan.

"Kami mengakui pembinaan dan koperasi dan UKM termasuk menggiatkan jiwa kewirausahaan di Banjarmasin cukup bagus," ungkap dia.

Untuk itu pihaknya berharap agar pihak-pihak terkait dinas dan para pemangku kepentingan (stakeholder) mau serius memperhatikan tentang kewirausahaan ini di Kotabaru.

Termasuk pembinaan dan memberikan kesempatan bagi para pelaku usaha kecil di daerah untuk berpromosi ke luar, baik kawasan regional dan nasional.

Lebih lanjut politisi Partai Bulan Bintang ini mengharapkan, sinergitas dengan dinas terkait dalam menghidupkan kembali koperasi-koperasi di setiap desa di Kotabaru.

"Begitu besar potensi dan peluang yang bisa diharapkan dari program pemerintah pusat untuk membesarkan ekonomi rakyat, tinggal bagaimana daerah menyambutnya," tutur dia.

Dari kunjungan kerja tersebut, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan eksekutif khususnya dinas koperasi dan UKM untuk merumuskan langkah dan strategi dalam membina lembaga ekonomi masyarakat tersebut.

Bersamaan dengan kunjungan kerja di dinas koperasi dan UKM, rombongan legislator Kotabaru itu juga berencana melakukan koordinasi dengan dinas pasar Kota Banjarmasin, terkait usaha penataan dan pengelolaan pasar.

Pewarta: Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017