Barabai, (AntaraNews Kalsel) -  Pemerintah Kabupaten HST mendapat Kunjungan kerja dari pemerintah kota Palangkaraya ke dalam rangka penjajakan kerjasama potensi antarwilayah dan olahraga persahabatan.

Pada ramah tamah yang digelar di Hotel Madani Barabai, Wali Kota Palangkaraya HM Riban Satia didampingi Wakilnya Mofit Saptono menyampaikan, silaturahmi tersebut dilakukan untuk belajar menggali potensi dalam  mendongkrak PAD Kota Palangkaraya.

"Kami mengucapkan terimakasih atas sambutan dari pemkab HST, banyak ilmu yang kami dapatkan dari saling bertukar pendapat terkait pembangunan  ini," katanya.

Menurut Riban,  penjajakan potensi antarwilayah yang didasari pada MoUGubernur se Kalimantan tersbut, antara lain bidang pertanian, pengelolaan parkir serta tata kelola keuangan.

Wakil Bupati HST H A Chairansyah juga menyampaikan sangat terbuka kepada seluruh kabupaten khususnya di Kalimantan dan untuk belajar di HST.

Kunjungan tersebut, dapat memotivasi pemerintahan agar senantiasa meningkatkan dan memajukan kapasitas baik itu infrastruktur, sarana prasarana, SDM, ataupun aspek yang berkaitan dengan pengoptimalan kesejahteraan masyarakat.

"Memang tidak salah kalau pemkot Palangkaraya mendatangi HST, karena kita satu-satunya kabupaten yang konsisten tidak melakukan penambangan batu bara dan penanaman sawit, untuk menggenjot PAD," katanya.

Menurut Wabup, HST fokus kepada sektor pertanian untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, ke depan HST  akan membangun BUMD perkecamatan.

"Rencananya, pada Mei ini  kami mulai membangun pasar agro bisnis terbesar dan insyaallah terbersih se Kalimantan, dan sekarang juga tim dari ULM sedang mangadakan pemetaan wilayah untuk pemanfaat lahan-lahan rawa untuk pertanian dan peningkatan potensi perikanan,"katanya.

Lebih lanjut, wakil mengungkapkan kalau lahan parkir di pasar Barabai semuanya menggunakan sistem portal komputerisasi, dan pendapatannya sekarang meningkat mencapai 300 persen daripada sebelumnya.

"Kini  pasar di Barabai  benar-benar bersih serta secara berturut-turut setiap tahun mendapatkan piala Adipura," katanya.

Di bidang pengelolaan keuangan, HST berturut-turut mendapatkan penilaian WTP dari BPK dan pada 2016,  mendapatkan penghargaan Dana Raksa karena secara kontinyu konsisten berkinerja baik dalam pengelolaan keuangan daerah.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Muhammad Taufikurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017