Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Selatan KPU Kalsel) Andi Tenri Sompa menyebutkan slogan Sarana Integrasi Banua pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Serentak 2024.

"Tagline pilkada (Pilgub Kalsel) sebagai sarana integrasi Banua yaitu pilkada sebagai proses kebaikan, kesejahteraan, kemanfaatan yang penuh hikmat dan berkah bagi masyarakat Banua," kata Tenri saat pembukaan Debat Pertama Pasangan Calon Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel di Banjarmasin, Rabu malam.

Baca juga: Ratusan personel Polda Kalsel amankan debat perdana cagub

Sebelum sesi debat, Tenri mengajak masyarakat Banua atau Kalsel Babussalam untuk berpartisipasi pada pelaksanaan Pilkada Serentak yang bakal berlangsung pada 27 November.

"Mari masyarakat Banua melangkahkan kaki menuju bilik suara pada 27 November 2024, mari masyarakat Banua memberikan kontribusi nyata, raih asa bersama kita memilih untuk Kalimantan Selatan tercinta," ujar Tenri.

Pada debat terbuka pertama ini, KPU Provinsi Kalsel mengusung tema Pelayanan Inovatif dan Akselerasi Pembangunan untuk Kesejahteraan Masyarakat Kalimantan Selatan.

KPU Provinsi Kalsel pun menghadirkan dua Paslon Gubernur-Wakil Gubernur Kalsel 2024-2029, yakni Pasangan Nomor Urut 1 Muhidin-Hasnuryadi dan Pasangan Nomor Urut 2 Raudatul Jannah-Akhmad Rozanie.

Baca juga: Kapolda Kalsel: Deklarasi bentuk komitmen bersama wujudkan Pilkada damai

Tenri berharap para paslon Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Selatan dapat menggunakan kesempatan debat pertama tersebut untuk menyampaikan visi, misi dan program jika terpilih pada lima tahun mendatang.

Tenri mengungkapkan para paslon gubernur-wakil gubernur pun harus menyampaikan inovasi pelayanan, akselerasi pembangunan daerah, penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak kelompok rentan dan gender, problematika sosial di masyarakat, ketahanan pangan, dan pemerataan pembangunan yang berdasarkan kebutuhan masyarakat.

"Kita juga turut berharap pelaksanaan debat terbuka pertama ini melihat para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur beradu gagasan, beradu visi misi dan program kerja yang indah, serta menarik sehingga masyarakat mengetahui ke mana arah Banua tercinta lima tahun ke depan," tutur Tenri.

Baca juga: Kapolda Kalsel: Pilkada perkuat harmonisasi pemerintah-masyarakat di Tapin

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024