Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan dan Hukum DPRD Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) H Rais Ruhayat menyatakan pentingnya pengamalan nilai-nilai Pancasila di masyarakat.

"Oleh karena itu, sebagai wakil rakyat saya juga bertanggung jawab secara  moril menyosialisasikan Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila," kata  Rais di Banjarmasin, Sabtu usai melakukan sosialisasi.

Menurut dia, banyak nilai-nilai terkandung dalam Pancasila yang penerapannya bisa di tempat tinggal antara lain budya gotong royong, serta saling menghargai dan sikap toleransi.

"Kita harapkan masyarakat bisa mengamalkan nilai-nilai Ideologi Pancasila tersebut di lingkungan tempat tinggal masing-masing," lanjut wakil rakyat dari Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut.

Dalam sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila atau yang dulu dengan sebutan Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) tersebut menghadirkan Rizki Rahmatullah selaku narasumber.

Senada dengan Rais pada Wasbang yang berlangsung di Jalan Sungai Dua Semangat Dalam Kecamatan Alalak -  Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala (Batola), Jumat (18/10/2024) siang. Rizki juga mengimbau agar masyarakat mampu membumikan Pancasila.

Pasalnya, tegas Rizki , Pancasila dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), pedoman penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 

Oleh sebab itu, dia menekankan pentingnya pemahaman dan penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Nilai-nilai Pancasila harus menjadi landasan dalam setiap tindakan kita. Dengan saling menghormati, bekerjasama, dan menjaga kerukunan, kita dapat menciptakan lingkungan yang damai dan harmonis,” demikian Rizki.

Pada sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila tersebut juga hadir sejumlah tokoh masyarakat dan warga setempat dengan antusias mengikuti kegiatan itu.

Ketua Komisi I Bidang Pemerintahan dan Hukum DPRD Kalsel H Rais Ruhayat saat sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila di Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala, Jumat (19/10/2024) (ANTARA/HO Humas Setwan Kalsel.)

Peserta sosialisasi tersebut berharap kegiatan serupa dapat terus berlangsung untuk memperkuat pemahaman tentang pentingnya Ideologi Pancasila bagi masyarakat.

Sosialisasi Revitalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Pancasila tersebut merupakan yang perdana bagi anggota DPRD Kalsel masa jabatan 2024-2029.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024