Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menargetkan pemberian vaksin bagi 2.000 ekor hewan pembawa rabies.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan Disbunnak Tabalong Suwandi mengatakan pemberian vaksin rabies ini satu upaya mencegah kasus penyakit akibat gigitan hewan ini.

Baca juga: Pemkab HST buka yankes dan vaksin rabies gratis bagi hewan peliharaan

"Hari ini kita buka layanan gratis untuk vaksin rabies daam rangka memperingati Hari Rabies se-dunia," jelas Suwandi di Tabalong, Kamis.

Pelayanan kesehatan hewan yang diberikan berupa vaksinasi rabies, pemeriksaan dan pengobatan hewan, suntik vitamin dan bulu serta konsultasi kesehatan.

Layanan kesehatan untuk hewan peliharaan ini diberikan secara gratis pada Kamis (17/10) dari  pukul  09.00 Wita sampai 11.30 Wita di halaman kantor Disbunnak setempat.

Suwandi menyebutkan syarat hewan yang divaksin  diantaranya hewan dalam keadaan sehat, tidak sedang bunting dan usia minimal 4 bulan. 

Menurut dokter hewan Mega Indah Suryani untuk vaksin rabies  hewan peliharaan seperti kucing dianjurkan tiap enam bulan.

"Layanan vaksin rabies gratis didominasi hewan peliharaan jenis kucing, dan beberapa  jenis musang," jelas Mega.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tabalong Soleh  didampingi Penjabat Bupati Tabalong Hamida Munawarah meninjau pelaksanaan vaksinasi rabies gratis.

Baca juga: Tanah Bumbu expedites rabies vaccination

"Masyarakat dapat memanfaatkan program layanan vaksin  gratis  sebagai upaya mencegah penyakit rabies," ungkap Soleh 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024