Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) membuka layanan kesehatan dan suntik vaksin rabies secara gratis bagi hewan peliharaan milik masyarakat.

“Bertepatan dengan peringatan hari rabies sedunia 2024, kami membuka layanan kesehatan hewan dan vaksin rabies gratis sebanyak 100 dosis lebih. Kami menugaskan dokter hewan yang kompeten,” kata Kepala Dinas Pertanian HST Buri Satrya Tanjung di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Senin.

Baca juga: Empat desa dialiri listrik, komitmen Petahana Bupati HST Aulia

Budi menyebutkan layanan pemeriksaan hewan ini juga dibuka di hari biasa, namun khusus peringatan hari rabies sedunia yang jatuh setiap 28 September, pihaknya menyediakan layanan khusus secara gratis pada 8-9 Oktober, bagi hewan peliharaan warga seperti kucing, anjing, monyet, dan jenis yang relevan.

“Namun, jika kurang nanti kami ajukan ke provinsi agar mendapatkan tambahan dosis, tergantung berapa banyak masyarakat yang datang,” ucapnya.

Budi mengatakan meskipun layanan belum dibuka, pihaknya telah menyebarluaskan informasi melalui sosial media perangkat daerah dan sosialisasi telah dimaksimalkan melalui pegawai Dinas Pertanian.

Dia menjelaskan vaksin ini bukan untuk mengobati hewan yang terkena rabies, namun bertujuan untuk mencegah penyebaran rabies. Karena itu, masyarakat jangan sampai salah memahami dan tidak membawa hewan yang sudah didiagnosa rabies.

Baca juga: Faried Fakhmansyah jabat Pejabat Sementara Bupati HST

Meskipun beberapa kali ditemui kasus rabies, kata Budi, pihaknya telah melakukan penanganan, salah satunya adalah tindakan pencegahan dengan melakukan vaksin ke hewan peliharaan masyarakat.

Selain itu, lanjutnya, masyarakat diimbau memeriksakan hewan peliharaan ke dokter hewan secara rutin minimal sekali enam bulan, hal ini untuk mencegah adanya potensi penyakit seperti rabies.

“Kami harap masyarakat antusias membawa hewan peliharaan ke Dinas Pertanian. Apalagi di momen hari rabies sedunia ini, kami berikan pelayanan gratis selama dua hari,” ujar Budi.

Baca juga: PJs Bupati HST ajak Ketua DPRD terpilih sinergi wujudkan visi misi daerah
 

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024