Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) -  Gubernur Kalimantan Selatan, H. Sahbirin Noor mengatakan dalam rangka memperkokoh integritas negara diperlukan persatuan dan kesatuan seluruh komponen masyarakat, termasuk dari unsur perguruan tinggi melalui  kegiatan rismen mahasiswa.
   
Hal tersebut diutarakan gubernur saat memberikan sambutan pada acara   Serah Terima Jabatan (SERTIJAB) Komandan Resimen Mahasiswa Suryanata, Satuan 604/MAAB Universitas Islam Kalimantan (UNISKA) Banjarmasin,  di Gedung Serba Guna UNISKA Banjarmasin, beberapa waktu lalu.
   
"Saya sangat bangga dan mendukung kegiatan rismen di perguruan tinggi seperti kegiatan hari ini. Resimen mahasiswa memiliki peran strategis membantu memperkokoh stabilitas keamanan negara ,"terangnya   

Pendidikan militer bela negara di perguruan tinggi perlu harus  di tingkatkan di mana pendidikan bela negara  sebagai salah satu pendukung pemerintah guna memperkuat negara dari ancaman militer maupun ancaman lainnya yang terjadi di tanah air.

Resimen Mahasiswa merupakan kegiatan ekstra kulikuler mahasiswa di bidang olah keprajuritan, kedisiplinan, dan wawasan bela Negara yang diselenggarakan sebagai komponen pertahanan negara dan melaksanakan fungsi perlindungan masyarakat.  

Berkaitan hal itu   perlu peranan khusus dari pimpinan perguruan tinggi, Danrem 101 Antasari dan Kapolda Kalimantan Selatan, serta Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan untuk terus menyokong kegiatan Resimen Mahasiswa agar dapat terus aktif dan menjadi pendukung pertahanan negara dan perlindungan masyarakat.

Dikemukakan gubernur, dewasa ini kita dihadapkan pada berbagai persoalan Kebangsaan yang memerlukan perhatian dan peranan dari kita semua dalam menyikapinya.

Sehingga, tambah dia,  persoalan Kebangsaan tersebut tidak semakin membesar dan dapat  menjadi ancaman bagi kedamaian dan persatuan yang telah dibina dengan baik selama ini.
 
"Organisasi Resimen Mahasiswa UNISKA ini harus bersifat humanis, tidak ada gerakan-gerakan militer yang berlebihan, mereka harus sadar asal mereka dari rakyat untuk rakyat," kata Gubernur.




Pewarta:

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017