Acara bertajuk Cleo Festival Kuliner Banjarbaru (CFKB) yang digagas perusahaan air minum kemasan berskala nasional ikut mendorong pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) kuliner di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan.
 
Keterangan tertulis di terima Antara di Banjarbaru, Senin, kegiatan yang diselenggarakan tanggal 5 dan 6 Oktober 2024 di KCG City Outdoor Park bertujuan memperkenalkan kekayaan kuliner khas Banjar kepada masyarakat luas.
 
"Kami melalui Cleo Festival Kuliner ingin mendorong pertumbuhan UMKM kuliner khususnya di Kota Banjarbaru dan berharap acara dapat menjadi wadah kolaborasi pelaku usaha untuk memperluas jaringan pasarnya," ujar Komisaris Utama PT Sariguna Primatirta Tbk Hermanto Tanoko dalam keterangannya.
 
Menurut Hermanto, kuliner khas Kalimantan telah lama menjadi bagian tak terpisahkan dari kekayaan budaya dan sejarah masyarakat Indonesia diantaranya nasi kebuli dan soto Banjar dengan cita rasanya yang khas, telah menjadi ikon kuliner daerah Kalimantan khususnya Kota Banjarbaru dan sekitarnya.
 
Sejumlah kuliner yang ditampilkan di beberapa stand pada event tersebut diantaranya olahan Ikan Patin dari Pondok Patin Bakar, Soto Banjar dari Waroenk Pondok Bahari dan produk Roti Kukus dari Roti Kukus Banjarmasin.
 
Hermanto menuturkan, pentingnya melestarikan warisan kuliner itu membuat manajemen Cleo Air Murni menyelenggarakan CFKB dengan tujuan memperkenalkan kekayaan kuliner Banjar sekaligus memberikan wadah bagi pelaku UMKM lokal untuk lebih memperkenalkan dan mengembangkan usahanya.
 
"Kami berharap kegiatan menjadi wadah kolaborasi para pelaku usaha memperluas jaringan pasarnya dan melalui Cleo Festival Kuliner, kami ingin mendorong pertumbuhan UMKM kuliner di Banjarbaru yang sudah menjadi ibukota Provinsi Kalsel," ucapnya.
 
Selain ratusan tenant kuliner dan UMKM lokal, Cleo Air Murni juga menyediakan beragam kegiatan yang menarik perhatian masyarakat sekitar mulai penampilan dari Feel Koplo dan For Revenge feat Stereo Wall, basketball 3on3 competition, zumba, dance competition, lomba mewarnai, cosplay competition, dan puluhan aktivitas menarik lainnya.
 
Selain itu, Cleo Festival Kuliner Banjarbaru juga mengajak keluarga sekitar aktif berolahraga melalui Cleo Smart Run and Kids Dash serta Jalan Sehat dengan hadiah utama 1 unit mobil dan beragam hadiah menarik lainnya seperti TV 32 inch, kipas angin, mesin cuci, sepeda, sepeda motor dengan total hadiah ratusan juta rupiah.
 
Direktur Utama PT Sariguna Primatirta Tbk Melisa Tanoko mengatakan, kegiatan selama dua hari itu merupakan persembahan bagi warga Banjarbaru sekaligus mengajak masyarakat mengisi akhir pekan dengan menjalankan gaya hidup yang lebih sehat.
 
"Acara pun bisa dinikmati semua kalangan, hanya cukup menunjukkan botol Cleo untuk masuk ke Cleo Festival Kuliner. Kami bersyukur selama dua hari pelaksanaan, acara berlangsung tertib, lancar dan tentu saja penuh kemeriahan," katanya.
 
Diketahui, Cleo selama lebih dari 21 tahun, berkomitmen memberikan pilihan air murni yang aman untuk keluarga karena menggunakan Galon Refillable PET Bebas BPA yang aman dan dapat diisi ulang.
 
Peraturan BPOM No.6 Tahun 2024 mengenai Kajian Risiko BPA (Bisphenol-A) pada Air Minum telah menegaskan bahaya BPA yang menyebabkan gangguan kesehatan masyarakat sehingga Cleo sebagai jenama Air Murni asli Indonesia mendukung terciptanya aturan itu.
 
 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024