Gelaran reuni akbar temu kangen seluruh alumni menjadi puncak kemeriahan Lustrum XII atau 60 tahun Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Lambung Mangkurat (FPIK ULM) yang berlangsung di Auditorium ULM Banjarbaru, Minggu.

"Kami sangat senang semuanya bisa hadir,  bahkan ada alumni yang dari Medan hingga Papua kumpul silaturahmi tahun ini," kata Dekan FPIK ULM Untung Bijaksana kepada ANTARA ditemui di sela kegiatan.

Baca juga: FPIK ULM gelar seminar internasional percepat transformasi sektor perikanan dunia

Dia berharap reuni akbar dalam rangkaian ulang tahun FPIK ULM itu bisa menjadi kalender tetap lima tahunan kedepannya.

Tercatat alumni yang hadir dari angkatan 1973 hingga 2020. Mereka bergembira bersama sembari mengenang masa-masa indah di bangku kuliah.

Sebagai ungkapan rasa terima kasih kepada almamater, diserahkan pula kenang-kenangan kepada dosen dan tenaga pendidik yang purna tugas.

Kemudian doa haul jamma bagi dosen dan tenaga pendidik yang telah berpulang ke Rahmatullah.

Kegiatan juga diisi aksi sosial donor darah, pameran produk perikanan dan kewirausahaan mahasiswa.

Untung mengaku kisah sukses para alumni semakin memotivasi pihaknya dalam memajukan fakultas yang kini terakreditasi A.

"Sejumlah program studi pun kami dorong bisa lebih banyak meraih akreditasi Unggul dan akreditasi Internasional," ucapnya.

Baca juga: Dosen ULM bekali kader kesehatan deteksi penyakit menular
Dekan FPIK ULM Untung Bijaksana dan Walikota Banjarmasin Ibnu Sina bersama para alumni. (ANTARA/Firman)


Salah satu alumni FPIK ULM angkatan 1993 pada Jurusan Budidaya Perairan yakni Walikota Banjarmasin Ibnu Sina yang begitu bersyukur telah mengenyam pendidikan tinggi di kampus kebanggaan.

"Alumni FPIK ULM ada dimana-dimana, sehingga kiprahnya sudah berhasil mendidik SDM terbaik di bidang perikanan dan kelautan," katanya.

Ibnu Sina yang sukses di panggung politik Kalimantan Selatan dengan menduduki kursi anggota legislatif hingga eksekutif sebagai kepala daerah berharap semua alumni tetap berkontribusi bagi almamater dan kemajuan FPIK ULM.

Baca juga: Setda Batola: sosialisasi hukum untuk masyarakat
Para alumni FPIK ULM angkatan 1973 saat tampil ke panggung sebagai alumni paling senior yang hadir. (ANTARA/Firman)


Sementara Ketua panitia Lustrum XII FPIK ULM Indira Fitriliyani menyampaikan tema tahun ini mengangkat “Harmoni dan Sinergi Capai Prestasi untuk FPIK Jaya.”

Tema ini mengingatkan seluruh civitas akademika dan alumni betapa pentingnya kolaborasi dan kebersamaan dalam mencapai keberhasilan. 

Adapun rangkaian kegiatan acara lustrum dimulai lomba balogo tingkat provinsi dilanjutkan senam dan jalan sehat.

Kemudian seminar nasional dan internasional "Akselerasi transformasi perikanan berkelanjutan dalam mendukung blue economy dan adaptasi perubahan iklim menuju sustainable development goals 4.0".

Baca juga: Diharapkan alumni ULM Banjarmasin jangan jadi korban  

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024