Sebanyak dua sekolah di Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan berhasil meraih predikat sekolah Adiwiyata sebuah penghargaan bergengsi bidang pendidikan berbasis lingkungan.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar, mengucapkan, selamat kepada sekolah yang berhasil meraih penghargaan serta berterima kasih atas upaya semua pihak yang terliat, dan prestasi ini hendaknya dapat terus ditingkatkan dan diikuti oleh sekolah-sekolah lainnya. 

"Saya ucapkan selamat dan terimakasih kepada semua pihak, Kepala Sekolah, guru serta siswa,  komite sekolah, juga kepada jajaran Dinas Lingkungan Hidup dan penggiat lingkungan. Semoga apresiasi ini menjadi pemicu bagi siswa dan sekolah untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan masa depan yang berkelanjutan," kata bupati, dilaporkan, Ahad.

Dua sekolah yang meraih penghargaan adalah, SDN Sungai Taib Kecamatan Pulaulaut Utara dan SMA Negeri 1 Kecamatan Kelumpang Hilir. Sekolah-sekolah tersebut menyabet predikat Adiwiyata tingkat nasional tahun 2024. 

Penyerahan penghargaan digelar oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Alue Dohong didampingi Staf Ahli Bidang Regulasi Kemendikbud, Nur Syarifah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kotabaru, H M Maulidiansyah, mengatakan, ke depan, Dinas LH akan terus mendorong sekolah-sekokah untuk menjadi sekolah Adiwiyata, yaitu sekolah yang peduli terhadap lingkungan dan menerapkan gaya hidup ramah lingkungan, untuk mendorong kesadaran dan pengetahuan warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan.

Pada tahun ini Kabupaten Kotabaru juga mengusulkan penghargaan sekolah Adiwiyata tingkat propinsi yang saat ini sedang berproses, tambahnya.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024