Ketua DPRD Kotabaru Kalimantan Selatan Suwanti mengajak masyarakat "Bumi Saijaan" untuk menjadikan hari Kesaktian Pancasila sebagai momentum memperkuat persatuan serta penguatan pengamalan nilai nilai Pancasila.

"Peringatan 1 Oktober, sebagai penguatan nilai nilai Pancasila, mengingatkan sejarah bangsa, dan peningkatan rasa cinta tanah air dan nasionalisme yang bertujuan untuk memperkuat rasa persatuan, menjaga identitas bangsa dan meneguhkan komitmen terhadap Pancasila," kata Suwanti di Kotabaru, Selasa.

Suwanti menyampaikan, Hari Kesaktian Pancasila tahun 2024 mengusung tema "Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas" sebagai langkah penting dilakukan generasi penerus untuk tetap menjaga keutuhan bangsa serta menumbuhkembangkan rasa nasionalisme.

Dengan makna tersebut diharapkan pemuda Kotabaru mampu menjaga dan menjadi generasi Pancasila, selalu menjaga rasa kesatuan dan persatuan bangsa serta menjunjung tinggi nila-nilai Dasar Pancasila itu sendiri.

 Ideologi Pancasila sebagai pondasi kehidupan bangsa yang tidak dapat digantikan dengan ideologi apapun,  katanya

Hari Kesaktian Pancasila ini perlu diperingati, karena Indonesia pernah memiliki catatan sejarah yang kelam di masa lalu di mana ada kelompok tertentu ingin menggantikan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Menurut dia, hari Kesaktian Pancasila tidak hanya menjadi pengingat sejarah dalam memepertahankan idiologi negara tetapi juga sebagai pedoman lapisan masyarakat terhadap bahaya laten di tengah kemajuan jaman. 

"Saat ini, di tengah kemajuan dan kemajemukan, saatnya bersatu, sehingga dapat menangkal ancaman yang datang dari mana pun," tuturnya

Suwanti mengajak semua lapisan masyarakat untuk tetap bersatu dan menjaga kerukunan di tengah masyarakat untuk tetap menciptakan lingkungan yang aman kandusif dari bahaya laten yang muncul dalam bentuk lain.

 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024