Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) RI Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengapresiasi dukungan Komisi II DPR RI terhadap program Ramah Tamah.

Menteri AHY menyampaikan berkat dukungan pimpinan dan anggota Komisi II DPR RI seluruh program Kementerian ATR/BPN berjalan lancar.

Baca juga: Menteri AHY wujudkan penataan kawasan kumuh secara vertikal di Jakarta Pusat

“Terima kasih kepada Pak Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Pak Junimart Girsang, dan Pak Syamsurizal serta seluruh Anggota Komisi II DPR RI yang terus bersama Kementerian ATR/BPN,” ujar AHY melalui keterangan tertulis dari Kanwil BPN Kalimantan Selatan di Banjarbaru, Minggu.

AHY mengharapkan kolaborasi Kementerian ATR/BPN RI dan Komisi II DPR RI melanjutkan kerja sama pada bidang pertanahan dan melanjutkan pengabdian kepada negara

“Saya punya tekad harus belajar dari seluruh jajaran Kementerian ATR/BPN serta anggota Komisi II DPR RI. Luar biasa setiap saya datang baik secara formal maupun informal, selalu dapat pencerahan, informasi, validasi," ujar AHY.

AHY mendoakan Kementerian ATR/BPN RI dapat kembali bertemu pada pengabdian selanjutnya. 

Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia Tandjung menyatakan pertemuan anggota legislatif dan jajaran Kementerian ATR/BPN RI merupakan ajang silaturahmi sebagai mitra kerja.

Baca juga: AHY ajak masyarakat daftarkan tanah untuk nilai ekonomi

“Saya mengucapkan terima kasih atas nama seluruh pimpinan, atas kerja sama yang baik dengan Kementerian ATR/BPN. Saya juga menyampaikan permohonan maaf kalau ada yang kurang berkenan selama kita berinteraksi,” ujarnya. 

Ia menyebutkan Kementerian ATR/BPN merupakan mitra Komisi II DPR RI yang paling akrab, karena satu-satunya kementerian yang terus mendapatkan pengawasan dari tahun ke tahun.

Bahkan Doli mengungkapkan Komisi II DPR RI memperpanjang tiga panitia kerja (Panja), seperti Panja Evaluasi HGU dan HPL, Panja Pengawasan Mafia Pertanahan dan Panja Tata Ruang. Ini bentuk cinta Komisi II kepada Kementerian ATR/BPN.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian ATR/BPN Suyus Windayana menjelaskan lima tahun kerja sama Kementerian ATR/BPN RI dengan Komisi II DPR RI dapat menghasilkan banyak kegiatan mulai dari peningkatan tanah terdaftar, tata ruang, hingga tanah ulayat.

Baca juga: Menteri AHY serahkan puluhan sertipikat tanah wakaf di Pasuruan

“Bagaimana kita meningkatkan tanah terdaftar melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), kemudian Rencana Tata Ruang yang menjadi panglima untuk seluruh kegiatan pertanahan, terakhir mengenai penerbitan (sertipikat) tanah ulayat,” tutur Suyus.

Menurut Suyus, kesuksesan pelaksanaan program tersebut berkat komunikasi yang baik dengan Komisi II DPR RI.

“Terima kasih atas pengawasan yang diberikan selama ini untuk kita, sehingga apa yang selama ini kita lakukan, mulai dari proses perencanaan, penyusunan kebijakan, hingga evaluasi bisa kita laksanakan dengan baik,” pungkas Sekjen Kementerian ATR/BPN. 

Dalam kegiatan ini, hadir langsung Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang dan Syamsuriza;l serta seluruh Anggota Komisi II DPR RI. Turut hadir para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Staf Ahli, Staf Khusus, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Kanwil BPN Provinsi se-Jawa dan Lampung.

Baca juga: Menteri AHY raih penghargaan "outstanding in land law enforcement"
 
Menteri ATR/Kepala BPN RI Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Jakarta, Jumat (27/9/2024). (ANTARA/HO-Kanwil BPN Kalsel)

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024