Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menyatakan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) berkontribusi mengamankan situasi saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024.

"Dalam konteks ini, peran Satlinmas sangat krusial guna memastikan keamanan dan ketertiban selama proses Pilkada berlangsung," kata Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Provinsi Kalsel Adi Santoso di Banjarmasin, Jumat.

Baca juga: Bawaslu Kalsel gandeng pemprov kawal netralitas ASN pada pilkada

Adi pun menegaskan Satlinmas harus siap siaga menjaga keamanan di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS), serta membantu menenangkan situasi di tengah masyarakat.

Guna meningkatkan kapasitas Satlinmas, Pemprov Kalsel menggelar Rapat Kerja Sub Urusan Kebakaran dan Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Aparatur Linmas Saat Menghadapi Pilkada Serentak Tahun 2024.

Kegiatan tersebut melibatkan ratusan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Provinsi Kalsel.

Adi menuturkan pembekalan tersebut mengukur kesigapan dan kedisiplinan Satlinmas, pengelolaan sumber daya manusia, pelaporan pemadam kebakaran dan penyelamatan bagi kabupaten/kota se-Kalsel.

Baca juga: Diskominfo Kalsel perkenalkan media SIPU saat Kalsel Expo

"Tugas pemadam kebakaran dan penyelamatan bukan hanya terkait dengan pemadaman api, tetapi juga melibatkan upaya penyelamatan jiwa dan harta benda masyarakat, dalam berbagai situasi darurat," tutur Adi.

Sementara itu, Kepala Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalsel Zakly Asswan mengharapkan kegiatan rapat kerja ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam terkait strategi pengelolaan sumber daya manusia, pelaporan, dan pengelolaan operasional pada sektor pemadam kebakaran dan penyelamatan.

"Kita harus memberikan pelayanan yang lebih cepat, tepat, dan efektif bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan," ucap Zakly.

Zakly menyebutkan petugas bakal menghadapi tantangan yang semakin komplek saat berupaya menjaga keamanan, ketertiban, dan keselamatan masyarakat, sehingga perlu kerja sama yang erat antara seluruh aparatur Satlinmas, Pemadam Kebakaran maupun tim penyelamat.

Baca juga: Diskominfo Kalsel gaet BPS tingkatkan kualitas metadata

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024