Sebanyak 25 anggota DPRD Balangan, Kalimantan Selatan mengikuti kegiatan orientasi sebelum pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) yang dilaksanakan di Hotel Grand Qinn Banjarbaru dari 23-27 September.

“Kegiatan orientasi anggota DPRD ini sangat penting untuk diikuti karena mengingat posisi anggota dewan adalah langsung mewakili aspirasi masyarakat,” kata Plt. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalsel H.Ahmad Bagiawan di Banjarbaru, Jumat.

Ahmad Bagiawan menuturkan berbagai kebijakan diputuskan haruslah berpihak pada kepentingan masyarakat, sekaligus memastikan bahwa setiap keputusan yang diambil adalah demi kebaikan bersama.

Ahmad menerangkan orientasi ini memberikan gambaran yang jelas mengenai struktur, fungsi dan tugas-tugas yang akan dijalani selama menjabat sebagai anggota DPRD.

Ahmad menyebutkan kegiatan ini juga sebagai ladang ilmu bagi anggota dewan dalam menjalankan tugas yang efektif, dengan target kegiatan orientasi ini dapat bertukar pikiran, belajar dari pengalaman, dan membangun hubungan yang solid dengan rekan-rekan seprofesi.

Ketua DPRD Sementara Kabupaten Balangan Hj.Linda Wati sangat menyambut positif pelaksanaan kegiatan orientasi yang dilaksanakan.

Menurut Linda, kegiatan ini perlu dijalankan untuk mengasah kembali kompetensi anggota DPRD serta pengenalan bagi anggota DPRD baru untuk bekal dalam menjalankan tugas sebagai anggota DPRD Kabupaten Balangan.

"Tentu akan ada banyak hal yang dipelajari yang berkaitan dengan tugas dan fungsi wewenang DPRD, yang diharapkan menjadi bekal bagi kami dalam melaksanakan tugas mendukung dan mengawasi pelaksanaan program pembangunan di Kabupaten Balangan,” ujar Linda.

Linda mengungkapkan orientasi diisi dengan pengetahuan terkait sistem pemerintahan Indonesia, penguatan dan penegakan peraturan perundang-undangan, tata tertib DPRD, fungsi, tugas dan wewenang.

Selain itu, kata Linda, juga termasuk alat kelengkapan dewan, kode etik DPRD dan tata beracara badan kehormatan hingga hak dan kewajiban anggota DPRD serta isu aktual.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024