Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan berupaya menaikkan level kota setempat menjadi kota layak anak kategori utama dengan berbagai program inovasi.
 
Menurut Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina di Banjarmasin, Selasa, Banjarmasin sudah menyandang predikat sebagai kota layak anak kategori Nindya sejak 2022 dan 2023.

Baca juga: Artis Aldi Taher ramaikan puncak Hari Jadi ke-498 Banjarmasin
 
Menurut dia, penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI tersebut tinggal satu langkah lagi untuk kotanya menuju kota layak anak kategori utama atau paripurna yang tertinggi.
 
Ibnu Sina pun menyampaikan, upaya untuk mencapai itu terus dilakukan, diantaranya dengan membentuk kampus bakisah atau kampung bercerita.
 
Kemudian, kata dia, memberikan tempat untuk Sekretariat Forum Anak Banjarmasin dan Pusat Informasi Sahabat Anak Kota Banjarmasin.
 
Semuanya terpusat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kamboja, sebagai alun-alun di tengah kota, yakni, di Banjarmasin Tengah.
 
Menurut Ibnu Sina, kawasan RTH Kamboja merupakan kawasan ruang terbuka untuk publik yang sangat lengkap dan perlu dirawat agar menjadi ruang bermain yang ramah untuk anak-anak. 
 
"Di sini ada Kampung Bakisah, kemudian kita tadi sudah resmikan juga Sekretariat Forum Banjarmasin Anak dan Pusat Informasi Sahabat Anak Banjarmasin," katanya.

Baca juga: DPRD sepakat bangun Banjarmasin berkelanjutan masuki usia 498 tahun
 
Menurut dia, kawasan RTH Kamboja merupakan lokasi yang sangat strategis dan terletak di pusat kota. 
 
"Sehingga informasi terkait dengan anak, hak-haknya, kemudian kalau ada kekerasan terhadap anak informasi bisa cepat di sini," katanya.
 
"Kita ingin kawasan RTH Kamboja ini bisa menjadi tempat yang nyaman bagi anak-anak dan keluarga agar bisa bermain di sini, kemudian beraktivitas di ruang terbuka seperti ruang terbuka publik atau ruang terbuka hijau yang ada di Taman Kamboja," tambahnya.
 
Ibnu Sina berharap dengan semua itu kegiatan forum anak bisa lebih maksimal, sehingga menjadi ruang yang nyaman, aman bagi anak-anak.
 
"Kemudian yang kedua adalah Sekretariat Forum Anak. Jadi mereka sudah punya sekretariat mudah-mudahan nilainya tambah bagus bagi penilaian kota kita untuk mewujudkan kota layak anak kategori utama," ujarnya.

Baca juga: LAPSUS - Wali Kota Banjarmasin terima anugerah Bintang LVRI saat Rapat Paripurna

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024