Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar penguatan kapasitas kehumasan terhadap Panitia Pengawas Pemilu (Pawaslu) kecamatan.

Kegiatan ini mengangkat tema "Analisis kebutuhan informasi dan optimalisasi penyajian untuk meningkatkan interaksi publik".

"Melalui kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas kehumasan yang ada di tingkat kecamatan, pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024," kata Ketua Bawaslu HSS Hasnan Fauzan di Kandangan, Senin.

Adapun dua narasumber yang dihadirkan, yakni Komisioner Bawaslu Provinsi Kalsel Nur Kholis Majid dan Pewarta Perum Kantor Berita ANTARA Kalsel Fathurrahman, serta diikuti anggota panwaslu kecamatan dan kesekretariatan.

Baca juga: Tiga paslon bupati-wakil bupati HSS ikuti pengundian nomor urut

"Tentu kita mengetahui pentingnya kehumasan kesekretariatan panwaslu, agar dapat memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat, disamping menyebar luaskan informasi tahapan dan pengawasan pemilu untuk transparansi," tutur Nur Kholis Majid.

Dijelaskan dia, informasi yang dibuat dan membuat adanya timbal balik atau respon dari publik, membuktikan apa yang disampaikan mendapatkan perhatian, baik berupa saran atau masukan sehingga dapat ditindak lanjuti.

Nur Kholis Majid menyatakan masyarakat perlu mengenali hoaks, spam dan kampanye hitam yang perlu diantisipasi, karena hal-hal tersebut berpotensi menimbulkan kegaduhan dan bisa mencederai demokrasi yang dibangun.

Baca juga: Polres HSS gelar pasukan Operasi Mantap Praja Intan 2024

Ditambahkan dia, dibangun literasi yang positif agar masyarakat dapat membedakan info yang didapat dari media sosial asal jangan sembarang bagikan tanpa disaring lebih dahulu, begitupun membaca media massa dari sumber media dan narasumber yang terpercaya.

Sementara itu, Fathurrahman menyebutkan kehadiran kehumasan berperan penting mencegah berita bohong atau hoaks, penyebaran spam, kampanye hitam, yang diperkuat dengan saran dan masukan dari publik, sehingga dapat diantisipasi segera.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu HSS yang selama ini senantiasa melibatkan para pewarta yang tergabung PWI HSS pada kegiatan, sinergi ini menjadi sangat berarti dalam semangat bersama mengawal pesta demokrasi agar berjalan kondusif, aman dan damai," tutur Fathurrahman.

Baca juga: Pemkab HSS siap dukung dan fasilitasi pilkada serentak

Pewarta: Tim Redaksi

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024