Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina meresmikan Kantor Sekretariat Bersama Markas Cabang (MC) Legiun Veteran RI (LVRI) Kota Banjarmasin, selepas salat Jumat sebagai bagian dari rangkaian semarak hari jadi ke-498 Kota Banjarmasin,

Bersama Ketua YKI Banjarmasin Hj Siti Wasilah, Ketua LVRI Kalsel Sandimin, Ketua MC LVRI Banjarmasin Rony Longkutoy dan perwakilan para pejuang, peresmian ditandai dengan syukuran dan pemotongan pita. Hadir kepala SKPD di lingkup Pemerintah Kota Banjarmasin.

Baca juga: PLN Kalselteng beri penghargaan kepada legiun veteran dan purna paskibra

"Kami ucapkan terimakasih atas dukungan semua pihak sehingga akhirnya pejuang Veteran kita bisa menempati sekretariat baru yang lebih representatif," kata Ibnu pasca peresmian.

Kehadiran sekretariat bersama ini, tuturnya lagi sebagai bentuk komitmen dan kepedulian pemerintah kota terhadap Lembaga, organisasi masyarakat (Ormas) maupun komunitas pemuda di Banjarmasin agar lebih leluasa dalam mendorong kemajuan kota termasuk dalam hal pengabdian dan pelayanan terhadap masyarakat.

"Ini salah satu wujud perhatian kita, di samping memang bagaimana veteran kita ini rata-rata kan sudah tua usianya, sehingga wajar bila pengabdian mereka selama ini untuk bangsa itu diberi ganjaran oleh pemerintah, khususnya pemko Banjarmasin," sambung dia.

Menarik, ketika ditanya soal dipilihnya nama 'Khatib Dayan', Ibnu Sina mengaku telah berdiskusi banyak dengan para tetua dan pakar sejarah di sini. "Saya teringat dengan salah satu sosok yang paling berjasa dalam terbentuknya kota Banjarmasin di masa lampau, yakni Khatib Dayan," ungkapnya lagi.

Baca juga: DPRD Banjarmasin Terima Keluhan Veteran

"Karena beliau lah yang secara umum mengislamkan Sultan Suriansyah (Raja pertama Banjar), ulama utusan dari Demak yang kemudian jasa jasa beliau diabadikan dalam sebuah prasasti hidup melalui kegiatan pemuda, maupun kegiatan bermasyarakat di sini (sekber, red)," tandasnya.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024