Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, meluncurkan program digitalisasi perpustakaan atau Digipust dalam rangka meningkatkan layanan perpustakaan.

"Kalau layanan perpustakaan semakin baik, maka jumlah pengunjung juga semakin banyak," kata Kepala Dispersip Tanah Bumbu Yulia Rahmadani, di Batulicin Kamis.

Baca juga: PMNI Tanbu gelar pengelolaan manajemen perpustakaan sistem digital

Yulia menjelaskan, inovasi ini merupakan pengembangan aplikasi kartu anggota perpustakaan elektronik (Akape) yang diadopsi menjadi program Digipust melalui proyek perubahan pada Diklat PIM II

Sebelumnya, aplikasi akape merupakan suatu layanan perpustakaan yang dilakukan secara manual dan membutuhkan persyaratan berupa berkas fisik sehingga, memerlukan waktu yang cukup lama dalam memberikan pelayanan.

Melalui Digipust, layanan perpustakaan dinilai mampu meminimalisir penggunaan berkas fisik, mengurangi tatap muka, efisiensi waktu, mempersingkat birokrasi, dan tracking proses penyelesaian.

Yulia mengatakan, inovasi ini juga mampu meningkatkan kualitas dan efisiensi layanan perpustakaan kepada pengunjung sehingga layanan perpustakaan umum Tanah Bumbu menjadi lebih transparan, responsif dan efisien.

Berdasarkan hal tersebut lanjut Yulia, sistem layanan perpustakaan dengan sistem digital, sejalan dengan semangat standar pelayanan berbasis elekronik (SPBE) yang digaungkan oleh pemerintah daerah sebagai bentuk layanan prima kepada masyarakat Kabupaten Tanah Bumbu.

"Proyek perubahan ini juga sebagai upaya dalam memberikan pelayanan kepada publik terkait digitalisasi perpustakaan melalui penggunaan teknologi informasi yang dapat memberikan fasilitas bagi pemustaka," terang Yulia.

Yulia melanjutkan, untuk melaporkan kendala-kendala yang dihadapi oleh pemustaka ketika akan berkunjung atau menggunakan fasilitas yang ada di gedung layanan perpustakaan umum daerah Tanah Bumbu, Dispersip juga menyiapkan layanan pengaduan atau memberikan umpan balik terkait pelayanan pada perpustakaan.

"Upaya ini sebagai umpan balik terhadap program Digipust untuk meningkatkan kepuasan pengunjung," tuturnya,

Dengan harapan layanan perpustakan lebih terarah, selain itu data dan laporan yang dihasilkan dari aplikasi Digipust dapat membantu dan memudahkan pemustaka saat mencari referensi buku.

Baca juga: Dispersip latih masyarakat melalui budidaya hidroponik

Untuk menggunakan aplikasi tersebut masyarakat dapat mengakses menggunakan HP atau Leptop melalui alamat https://digipust.dispersiptanbu.com/

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024