Bupati Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, H. Zairullah Ahar mengajak seluruh masyarakat di "Bumi Bersujud" gara dapat melibatkan diri sesuai dengan bidang dan keahlian masing-masing dalam membangun bangsa Indonesia.

"Peran kepala rumah tangga dalam keluarga sangat pening dalam mendukung kemajuan pemerintah," kata Zairullah melalui pidato dalam acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 31 Tahun 2024 di Batulicin Selasa.

Baca juga: Bupati Tanah Bumbu jawab pandangan umum Fraksi DPRD

Dia mengatakan, dalam melihat masalah-masalah  di Indonesia, bisa kita lihat dari unit terkecil yaitu keluarga. Keluarga sebagai unit terkecil sebuah bangsa. Kalau keluarganya bagus maka negara akan bagus. Keluarga menentukan kualitas sumber daya manusia.

Dalam hal ini, pemerintah menyiapkan keluarga yang berkualitas dimulai sejak prenatal (masa sebelum kehamilan), masa kehamilan, dan masa 1000 hari pertama kehidupan manusia. Intervensi telah dilakukan terutama pada perempuan. 

Dimulai dari remaja putri dengan memberikan tablet tambah darah untuk memastikan mereka betul-betul sehat dan kelak setelah menikah  siap hamil, bimbingan perkawinan bagi calon pengantin, cek kesehatan sebelum menikah, cek HB darah, cek lingkar lengan, dan memberikan intervensi gizi untuk ibu dan bayi sampai 1000 hari pertama kehidupan.

Lebih lanjut, intervensi untuk menyiapkan keluarga yang berkualitas juga telah dilakukan dengan menyiapkan fasilitas pemantauan kesehatan dan gizi ibu dan bayi yang terstandar di Posyandu dan Puskesmas mulai dari alat timbang terstandar, alat ukur antropometri, dan juga penyuluhan gizi dengan kader-kader yang terlatih.

"Dalam keluarga, ibu menjadi inti dari keluarga. Ibu berperan dalam pembentukan akhlak anak-anaknya.  Perempuan tiangnya negara. Kalau perempuan terpelihara dan dirawat dengan baik. Dia bisa memerankan peran dengan baik maka akan kokoh negara," terangnya

Sementara itu, Perwakilan BKKBN Provinsi Kalimantan Selatan Farah Adibah mengatakan jika saat ini angka kesehatan jiwa meningkat di lima tahun terakhir.

Baca juga: Cabup-Cawabup Tanbu tebar tawa saat diroasting komedian

"Kita bersama ingin membangun keluarga yang harmonis, sehat dan sejahtera, sehingga generasi yang terlahir adalah generasi cerdas penerus bangsa," tutur Farah.

Farah menyebut, pelayanan kontrasepsi jangka panjang di Kabupaten Tanah Bumbu, berhasil meraih peringkat tiga besar dengan nilai di atas rata-rata target, yaitu presentase di angka 12 persen pada Provinsi Kalimantan Selatan.

Pewarta: Tim Redaksi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024