Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Al-Habsyi mengapresiasi inovasi layanan hukum di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan (Kemenkumham Kalsel) yang dinilainya terus meningkatkan kinerja terutama dalam pelayanan kepada masyarakat.

"Kami mengapresiasi komitmen Kemenkumham Kalsel dalam banyak hal berkaitan pelayanannya selama ini yang terus berinovasi," kata Habib Aboe Bakar di Banjarmasin, Rabu (11/9).

Baca juga: Kemenkumham Kalsel perkuat sinergi bidang Keimigrasian dan Pemasyarakatan

Dia menyampaikan peningkatan pelayanan keimigrasian dan edukasi hukum kepada masyarakat terkait kekayaan intelektual dan administrasi hukum umum sangatlah penting untuk selalu digaungkan.

Habib Aboe Bakar juga berpesan agar Kemenkumham Kalsel terus meningkatkan kinerjanya terutama pelayanan keimigrasian yang harus sejalan dengan tingginya antusiasme masyarakat Kalsel untuk umrah dan haji.

"Jangan sampai masyarakat susah dalam pengurusan paspor, kalau sehari selesai kenapa harus dipersulit jadi ini terus kami awasi," ucapnya.

Dalam kunjungannya ke kantor Kemenkumham Kalsel yang merupakan bagian dari agenda reses itu, Habib Aboe Bakar juga menyoroti upaya pemberantasan narkoba di Lapas ataupun Rutan melalui razia rutin.

Baca juga: Menkumham: Kekayaan Intelektual adalah investasi

Menurutnya deteksi dini wajib dilakukan agar menutup ruang gerak warga binaan untuk bermain narkoba.

Kemudian tes urine secara berkala bagi warga binaan dan petugas juga mesti digencarkan agar mencegah adanya penyalahgunaan narkoba di lingkungan Pemasyarakatan.

Sementara Kepala Kanwil Kemenkumham Kalsel Jumadi menyampaikan pihaknya terus berkomitmen memberikan pelayanan yang Semakin PASTI dan Ber-AKHLAK, termasuk peningkatan keamanan di Lapas/Rutan, layanan paspor, layanan hukum serta pengawasan orang asing melalui Timpora.

Kunjungan yang berlangsung lancar ini diakhiri dengan komitmen bersama untuk terus memberikan pelayanan hukum terbaik bagi masyarakat Kalimantan Selatan.
Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Al-Habsyi bersama Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Selatan Jumadi. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024