Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (Pemkab HSU), Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Samarinda Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bekerja sama memberikan pelatihan kepada 48 pemuda pencari kerja dari tiga kabupaten di Kalsel.

“Pelatihan kerja ini diberikan hingga akhir Oktober, sekitar dua bulan dan bekerja sama dengan mitra kerja sesuai bidang masing-masing,” kata Penjabat (Pj) Bupati HSU Zakly Asswan di Amuntai, Hulu Sungai Utara, Selasa.

Baca juga: Wakil rakyat HSU konsultasi dengan DPRD Kalsel

Dia menyebutkan peserta yang mengikuti pelatihan merupakan hasil seleksi dari tiga kabupaten, yakni dari Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Tengah, dan Hulu Sungai Selatan.

“Saya berharap peserta yang terpilih dapat mengikuti pelatihan dengan sebaik mungkin. Pada era sekarang ini persaingan untuk mendapatkan kesempatan kerja semakin sulit khususnya bagi pekerja yang tidak memiliki skil,” ucapnya.

Oleh karena itu, Zakly meminta para peserta pelatihan dapat memanfaatkan peluang ini dengan cara menguasai materi secara maksimal guna meningkatkan kemampuan dan skil sehingga siap untuk bersaing dalam dunia kerja.

Baca juga: TP PKK HSU Gelar Sosialisasi Parenting PAAREDI

Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu, dan Tenaga Kerja Kabupaten HSU Ismarlita mengatakan pelatihan yang diberikan kepada peserta yakni desain grafis, menjahit pakaian, dan otomotif.

Dia mengungkapkan, para peserta diberikan fasilitas perlengkapan pelatihan, polis asuransi dari BPJS, dan uang saku pelatihan. Kegiatan ini dibiayai melalui APBN 2024 oleh BPVP Samarinda regional wilayah tengah 1 BPVP, yang juga mencakup wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap para pencari kerja memiliki keterampilan dan kemampuan yang semakin mantap agar mampu bersaing di dunia kerja,” ujar Ismarlita.

Baca juga: TP PKK HSU Bersama Dinas Perikanan Ikuti Lomba Memasak Serba Ikan

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024