Bupati Banjar, Kalimantan Selatan Saidi Mansyur meminta warga ikut berperan memelihara jalan yang telah selesai dikerjakan agar aksesibilitas tetap lancar, aman, dan meningkatkan perekonomian di wilayah setempat.

"Kami minta warga ikut berperan memelihara jalan yang dibangun agar manfaatnya terus dirasakan seluruh masyarakat," ujar Saidi di Kecamatan Beruntung Baru, Kabupaten Banjar, Selasa.

Baca juga: Bupati-Wabup Banjar bersama ratusan jamaah ikuti Maulid Nabi Muhammad

Pemkab Banjar memelihara rutin, berkala, peningkatan, dan rekonstruksi ruas Jalan Handil Jawa-Jambu Burung Beruntung Baru.

Diharapkan Saidi, pemeliharaan jalan memperlancar jalur distribusi hasil pertanian, perkebunan serta hasil bumi lain sehingga perekonomian berkembang dan kesejahteraan masyarakat semakin meningkat.

Pada pembangunan jalan ini, ucap Saidi, Pemkab Banjar mendapatkan Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN untuk penanganan jalan kabupaten, salah satunya perbaikan jalan di Kecamatan Beruntung Baru terutama ruas jalan melewati Desa Kampung Baru-Desa Jambu Raya dan Desa Muara Halayung.

Dari ruas Handil Jawa-Jambu Burung dengan total 10 Km, kita melakukan pengaspalan sekitar 5,5 Km. Secara umum Pemkab telah berupaya maksimal untuk melakukan peningkatan infrastruktur jalan di Kecamatan Beruntung Baru,” ungkap Saidi.

Bupati Banjar pun berpesan kepada warga agar memanfaatkan akses jalan yang sudah ditingkatkan dengan arif dan bijaksana. 

Baca juga: Bupati Banjar minta kafilah MTQ Nasional raih juara

Warga juga diminta untuk dapat memelihara jalan tersebut dengan tidak merusak akses jalan, tidak memaksakan roda empat atau tonase berlebih melewati jalan tersebut. Sehingga umur pemanfaatan jalan dapat maksimal penggunaannya.

Sementara itu, Camat Beruntung Baru Wahidin Noor mengaku bangga dan bersyukur karena wilayah Kecamatan setempat telah banyak mendapat kegiatan pembangunan khususnya di bidang Infrastruktur baik itu jalan, jembatan maupun irigasi.

"Alhamdulillah di kecamatan ini banyak kegiatan pembangunan dan terus maju untuk memberikan kenyamanan bagi masyarakat setempat," ucapnya.

Selain Camat Beruntung Baru, warga Desa Kampung Baru Khadijah juga mengaku merasakan sekali manfaat perbaikan jalan yang telah dilakukan.

"Saya ucapkan terima kasih banyak kepada pak Bupati Banjar yang sudah mengabulkan hajat kami dengan perbaikan akses jalan, yang sudah nyaman sudah dilalui, dulunya terasa sempit sekarang sudah luas dan mulus,” tuturnya.

Baca juga: Bupati Banjar minta anggota DPRD terpilih jadi mitra yang baik

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024