Kantor Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan, menyatakan lengkap berkas pasangan kandidat calon Kepala Daerah Banjarmasin Arifin Noor-Supian Akbari berdasarkan hasil verifikasi.

Arifin Noor-Supian Akbari resmi mendaftar sebagai pasangan bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banjarmasin, pada Pilkada Banjarmasin 2024 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota setempat, pada Kamis sore, sekitar pukul 16.30 WITA.

Baca juga: Kapolresta Banjarmasin jamin keamanan pendaftaran calon kepala daerah

"Pendaftaran Calon Kepala Daerah Banjarmasin Arifin Noor-Supian Akbari sudah selesai dengan total suara sah sebanyak 176.002," ucap Ketua KPU Banjarmasin Rusnailah di Banjarmasin, Kamis. 

Pada pendaftaran tersebut, pasangan Arifin Noor-Supian Akbari mengantarkan kelengkapan dokumen dan telah diverifikasi KPU Kota Banjarmasin baik menggunakan aplikasi ataupun secara manual. 

Diketahui, pasangan Arifin-Supian didukung lima partai pengusung, yaitu Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Golongan Karya (Golkar), dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).   

Dia juga menjelaskan bahwa di hari ketiga Kamis, merupakan hari terakhir pendaftaran, namun pihaknya masih tetap menunggu jika ada pasangan lain yang mendaftar hingga pukul 23.59 WITA. 

"Kami KPU sesuai dengan slogan yaitu KPU Melayani, jadi selama pendaftaran belum ditutup kami akan tetap melayani bakal calon yang mau mendaftar," tutur Rusnailah.

Baca juga: Yamin-Ananda mendaftar ke KPU diiringi kesenian Hadrah

Sementara itu, calon Kepala Daerah Kota Banjarmasin Arifin Noor mengatakan pihaknya telah mengantar berkas pendaftaran ke KPU Kota Banjarmasin. 

"Kami telah datang ke KPU Banjarmasin dengan ditemani oleh semua partai pengusung untuk mengantarkan berkas persyaratan yang sudah disiapkan, sudah diperiksa serta diteliti dan Alhamdulillah diterima dengan baik," ucapnya. 

Dia juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada para partai politik pengusung yang telah mendukung pencalonan dirinya sebagai bakal Calon Wali Kota Banjarmasin. 

"Terima kasih banyak untuk semua dan untuk anak-anak muda di luar sana, ini wakilnya, ini wakilnya berdiri disini. Doakan dan antarkan kami sampai ke balai kota," tuturnya. 

Dirinya pun berharap pelaksanaan pilkada berjalan aman, damai dan lancar. Serta seluruh masyarakat Banjarmasin, dapat menggunakan hak pilihnya.

"Sesuai slogan kami, yakni AA Baik singkatan dari Arifin-Akbari Banjarmasin Baiman dan Berkelanjutan," pungkas Rusnailah.

Baca juga: Banjarmasin siap Kawal Pilkada dengan Tertib dan Damai

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024