Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) meraih Geospasial Banua Award 2024 untuk kategori pemerintah kabupaten dengan Simpul Jaringan Geospasial berkinerja terbaik 3.

“Ini merupakan hasil dari kerja keras kita bersama dalam membangun lima elemen informasi geospasial di Kabupaten HSS," kata Kepala Bappelitbangda HSS M. Arliyan Syahrial di Kandangan, Kamis.

Menurut dia, penghargaan ini diharapkan dapat motivasi bagi seluruh pihak terkait untuk terus meningkatkan kualitas dan pemanfaatan teknologi informasi geospasial, demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Baca juga: Kabupaten HSS raih penghargaan JDIHN Award 2024

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalsel Ariadi Noor menegaskan komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel mengembangkan simpul jaringan informasi geospasial daerah telah mendorong optimalisasi kinerja simpul jaringan di seluruh kabupaten dan kota.

"Kita dari Pemprov terus berupaya meningkatkan pengembangan lima elemen infrastruktur informasi geospasial, dan secara aktif melakukan koordinasi dan pembinaan dengan pemerintah kabupaten dan kota," ujar Ariadi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kalsel Roy Rizali Anwar berharap agar pemanfaatan data geospasial yang akurat dan tepat dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik, dan efektif dalam berbagai aspek pembangunan.

Ia juga menekankan pentingnya pengembangan kapasitas dan kualitas, di bidang teknologi informasi geospasial oleh setiap daerah dan instansi.

Baca juga: HSS raih dua penghargaan di puncak peringatan hari jadi provinsi

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh penerima Anugerah Geospasial Banua Award atas pencapaian yang telah diraih, semoga penghargaan ini menjadi inspirasi bagi semuanya terus berkarya bagi masyarakat dan Banua kita tercinta,” ujarnya.

Adapun penghargaan ini merupakan inisiatif pertama yang diselenggarakan di tingkat provinsi, menjadikan Kalsel sebagai provinsi pelopor pemberian apresiasi terhadap kinerja PD dan pemerintah kabupaten dan kota dalam penyelenggaraan jaringan informasi geospasial nasional.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024