Dosen PAI Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Kalimantan Selatan Dr Gusti M Irhamna Husin, terpilih sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam Indonesia (ADPISI) Kalsel periode 2024-2029, sesuai dengan hasil kesepakatan tim formatur pada Musyawarah Wilayah (Muswil). 

Irhamna Husin menegaskan, dirinya komitmen untuk meneruskan program kerja yang telah dirintis oleh pengurus sebelumnya dan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di Kalimantan Selatan.

Sementara itu, Ketua Umum periode 2019-2024 Dr M Arif Budiman, memaparkan berbagai program dan kegiatan yang telah dilaksanakan selama lima tahun kepemimpinannya. 

Meski terkendala oleh pandemi Covid-19 yang membatasi aktivitas selama lebih dari dua tahun, DPW ADPISI Kalsel telah berhasil mengadakan sejumlah kegiatan penting.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain pelantikan pengurus yang dihadiri langsung oleh Ketua Umum DPP ADPISI, pelatihan peningkatan kompetensi dosen PAI yang melibatkan peserta dosen-dosen dari Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Timur.

Workshop penulisan artikel jurnal internasional, aksi sosial peduli guru mengaji pada masa pandemic Covid-19, penerbitan buku bersama berjudul Khazanah Keislaman Masyarakat Banjar, pengiriman delegasi dosen dan mahasiswa ke berbagai forum, bimbingan teknis penyusunan bahan ajar berbasis digital, pengabdian kepada masyarakat, serta pengembangan website DPW ADPISI Kalsel.

Arif Budiman yang juga dosen Politeknik Banjarmasin itu juga mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang solid dan dedikatif dari seluruh pengurus DPW ADPISI Kalsel Periode 2019-2024, yang telah memungkinkan terlaksananya berbagai program tersebut. 

Ia menyampaikan rasa syukur dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pengurus atas komitmen yang telah diberikan selama masa kepengurusan.

Sementara itu, Muswil ADPISI Kalimantan Selatan digelar pada Sabtu (25/8) di Aula Fakultas Ekonomi Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari (UNISKA MAB), yang berlokasi di kawasan Handil Bakti, Barito Kuala.

Muswil dibuka Wakil Rektor IV UNISKA MAB, Dr Galuh Nashrulloh Kartika, mewakili Rektor UNISKA MAB. Acara tersebut dihadiri oleh para pengurus dan anggota DPW ADPISI Kalsel, serta sejumlah tamu undangan. 

Dalam sambutannya, Dr. Galuh menyoroti pentingnya peran dosen Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter dan moral mahasiswa di era globalisasi.

Laporan pertanggungjawaban kepengurusan DPW ADPISI Kalsel Periode 2019-2024 menjadi salah satu agenda utama dalam Muswil ini.

Acara Muswil DPW ADPISI Kalsel ditutup dengan sesi foto bersama dan ramah tamah antar anggota, menandai momentum penting bagi ADPISI Kalsel untuk terus berkontribusi dalam pengembangan pendidikan agama Islam di Kalimantan Selatan.
 

Pewarta: Tim Redaksi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024