Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu Kalimantan Selatan periode 2024-2029 Andi Rudi-H. Bahsanudin (ARB) didampingi ulama berjalan kaki dari masjid mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diiringi hadrah, Selasa.

Awalnya, rombongan pendukung dan ARB berangkat dari posko induk pemenangan Gedung Liana Komplek Jhonlin Group Kecamatan Simpang Empat juga diiringi konvoi kirab Merah Putih menuju sekretariat pemenangan di Tanah Merah Kecamatan Batulicin.

Baca juga: PKS resmi usung ARB di Pilkada Tanah Bumbu

Selanjutnya, rombongan dan ARB menjalani ritual religi atau memanjatkan doa di Masjid Agung Nurussalam Gunung Tinggi untuk mendapatkan berkah menjalani kontestasi Pilkada 2024 menuju KPU Tanah Bumbu.

Kemudian, ARB dan pendukung menuju Kantor KPU berjalan kaki dari Masjid Agung Nurussalam Gunung Tinggi.

Rombongan paslon disambut langsung Ketua KPU Tanah Bumbu didampingi empat komisioner, serta komisioner Bawaslu setempat.

Ketua KPU Tanah Bumbu Puryadi menyatakan telah menerima pendaftaran pasangan Andi Rudi Latief dan H Bahsanuddin.

"Administrasi kami terima, tahapan selanjutnya setelah verifikasi dan jika ada yang perlu dilengkapi akan kami informasikan kepada yang bersangkutan," kata Puryadi.

Dia mengatakan, setelah dinyatakan lengkap secara administratif, pasangan bakal calon akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD Ulin Banjarmasin pada 1-2 September 2024.

Sementara itu, Pembina Tim Pemenangan ARB Agoes Rakhmadi sangat optimis semua kelengkapan berkas ARB memenuhi syarat.

Baca juga: ARB panen dukungan dari ulama dan masyarakat Tanah Bumbu

"Kami optimis paslon kami menang pada pilkada ini," tutur Agoes.

Agoes mengungkapkan, sebelum melakukan prosesi pendaftaran ke KPU, Paslon ARB telah menjalani sejumlah rangkaian kegiatan sakral di kediaman.

Andi Rudi meminta doa restu kepada orang tuanya dan para guru, ulama serta habib. Demikian pula H Bahsanuddin meminta doa restu orang tua dan mengikuti khatam Al-Qur'an bersama santri pondok pesantren.

Adapun partai yang mengusung dan mendukung ARB maju pada Pilkada Tanah Bumbu PAN, PKS, Nasdem, Gerindra, PDIP dan Partai Golkar. Dan dua Parpol non parlemen yakni Partai Demokrat dan Ummat.

Pada deklarasi dan pendaftaran calon Bupati dan Wakil Bupati Tanah Bumbu Andi Rudi dan H Bahsanudin turut diantar para ulama dan habaib.

Yakni Habib Abdullah Bin Thohir, Habib Abdurrahman Al-Idrus, Habib Alwi As- Segaf, Habib Idrus Al-Habsyi, Guru M Jarni, Guru H Rahman, Guru Muhammad Yusuf,  Ustad Syamsul, Ustadz Sanusi dan Kyai Muntohar.

"Kemudian juga Guru Attailah Binawara, Guru M Yusuf Satiung, Kyai Rasyid Khoiri, Kyai Abbas Munibiy serta Guru Muhammad Fachri asal Kecamatan Mentewe," tutup Agoes.

Baca juga: KPU Tanah Bumbu jaring pemilih pemula melalui "Goes To School"
Ketua TIM pemenangan ARB H. Sudiann Noor (tiga kiri) menyerahkan berkas persyaratan Pilkada kepada Ketua KPU Tanah Bumbu Puryadi (dua kanan) di Kantor KPU Tanah Bumbu Kalimantan Selatan Selasa (27/8/2024) (ANTARA/Sujud)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024