Penjabat Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan Nurliani Dardie membuka lomba main "Dum" atau Domino yang menjadi salah satu lomba pada Pekan Olahraga Wartawan Nasional 2024.
 
Pembukaan pertandingan cabang olahraga "Dum" itu dilakukan Nurliani di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Tim atletik Kalsel sabet medali emas Porwanas XIV
 
"Selamat datang kepada seluruh peserta, official, dan wartawan dari seluruh Indonesia di Banjarmasin khususnya yang ikut lomba main Dum," ujar pejabat perempuan yang akrab disapa Bunda Nunung itu.
 
Menurut Nurliani yang juga menjabat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalsel, Domino di Provinsi Kalsel dikenal sebagai olahraga rakyat dan disebut dengan main "Dum" menggunakan kartu khusus.
 
"Main Dum bagi masyarakat Kalsel adalah permainan di kampung atau pelosok yang menjadi wadah untuk silaturahmi tetap selayang menjadi olahraga prestasi yang dilombakan di Porwanas," ungkap Nurliani.
 
Diharapkan, seluruh peserta lomba Domino menunjukkan kemampuan terbaik sehingga meraih prestasi dan menjadi kebanggaan bagi provinsi di ajang olahraga antar wartawan dari seluruh Indonesia tersebut.
 
"Selamat bertanding dan junjung sportivitas. Gelar juara bukan tujuan tetapi lebih utama silaturahmi dan saling mengenal satu sama lain dari berbagai daerah di Indonesia," ucap Bunda Nunung.

Baca juga: Ketua DPRD Kalsel harap Porwarnas jadi ajang silaturahmi insan pers
 
Dikatakan, seluruh kontingen Porwanas yang berasal dari berbagai provinsi di Indonesia selain ikut bertanding juga bisa berwisata yang letaknya tersebar diberbagai tempat di wilayah provinsi Kalsel.
 
Nurliani menuturkan, Kalsel memiliki wisata alam maupun wisata religius yang bisa dikunjungi setiap saat termasuk wisata kuliner yang dapat dinikmati dengan cita rasa karena memiliki kekhasan tersendiri.
 
"Artinya, selain bisa mengikuti lomba dan bertanding dengan peserta lain, kontingen Porwanas luar daerah juga bisa berwisata alam, religius hingga wisata kuliner yang banyak tersebar di berbagai lokasi," ucapnya.
 
Cabang olahraga domino dalam Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) diikuti sebanyak 90 atlet dari 28 provinsi di Indonesia yang memperebutkan medali emas, perak dan juga perunggu.

Baca juga: Tim Balogo sumbang emas pertama untuk Kalsel di Porwanas XIV

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024