Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, meningkatkan pengawasan orang asing di Kecamatan Mentewe melalui operasi Jagratara.

"Operasi jagratara pengawasan orang asing dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia sejak 21-22 Agustus 2024," kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Batulicin Ferizal, di Tanah Bumbu, Rabu.

Ferizal mengatakan, ini dilakukan untuk meningkatkan pengawasan terhadap warga negara asing yang datang ke Tanah Bumbu sebagai tenaga kerja.

Sehingga melalui operasi ini petugas ingin memastikan apakah yang berangkutan benar-benar mematuhi peraturan keimigrasian.

Operasi jagratara juga melibatkan Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Kalimantan Selatan serta Kantor Imigrasi Kelas I TPI Banjarmasin.

"Petugas memeriksa 134 tenaga kerja asing (TKA) di PT Transcoal Minergy di Kecamatan Mantewe. Adapun yang diperiksa berupa dokumen-dokumen keimigrasian milik TKA termasuk izin tinggal dan visa," kata Ferizal.

134 TKA yang bekerja di PT Transcoal Minergy Kecamatan Mentewe berasal dari Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan semuanya memegang izin tinggal terbatas.

"Selama melaksanakan kegiatan di lapangan, tim tidak menemukan adanya pelanggaran keimigrasian yang dilakukan oleh TKA maupun penjamin." ungkap Ferizal.

Tim juga menghimbau kepada pihak perusahaan terkait tugas dan kewajiban perihal orang asing agar dilaporkan secara rutin kepada Kantor Imigrasi dan Perusahaan telah memahami dan mentaati peraturan keimigrasian selama ini.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024