Resimen Induk Kodam (Rindam) VI/Mulawarman Kalimantan Selatan membina mental terhadap 1.427 mahasiswa baru Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) 2024.
 
Direktur Poliban Kalsel Joni Riadi saat pelepasan mahasiswa baru tersebut di Banjarmasin, Senin, mengatakan kegiatan ini guna melatih mental, fisik, disiplin (Bintalfisdis) dan bela negara untuk mahasiswa baru.

Baca juga: 1.440 mahasiswa baru Poliban mulai pengenalan kampus
 
Menurut dia, kegiatan yang dipusatkan di tempat TNI Gunung Kupang Kecamatan Cempaka, Kota Banjarbaru tersebut dibagi enam gelombang, yakni tiga gelombang putra dan tiga gelombang putri.
 
"Kegiatan berlangsung dari 19-31 Agustus 2024," ujarnya.
 
Disampaikan dia, kerja sama Poliban dengan Rindam VI/Mulawarman untuk kegiatan ini berjalan sejak 2019 atau saat dirinya menjadi Direktur Poliban periode pertama.
 
Diharapkan, kata Joni Riadi, para mahasiswa dan mahasiswi Poliban dapat mengamalkan pembinaan yang diberikan prajurit TNI pada segi mental, disiplin, ketahanan fisik hingga cinta negeri ini.
 
"Saat menjalani pendidikan tinggi di kampus, semua budaya disiplin yang ada di Rindam itu bisa dilaksanakan di kampus pada saat proses belajar mengajar," ujarnya.
 
Sehingga bisa sukses dalam pendidikan, sukses dalam berorganisasi dan sukses dalam meraih cita-cita.

Baca juga: Poliban majukan perdagangan elektronik di sektor koperasi
 
Acara pelepasan mahasiswa baru Poliban untuk mengikuti pelatihan mental, fisik, disiplin (Bintalfisdis) dan bela negara dengan Rindam VI Mulawarman, di Banjarmasin, Senin (19/8/2024). (ANTARA/HO-POLIBAN)
 
Dia menyampaikan penting bagi generasi muda, apalagi yang memulai pendidikan tinggi memiliki wawasan tentang bela negara, termasuk empat pilar kebangsaan yang harus dipahami, yakni Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika.
 
Dia pun mengapresiasi dukungan besar pihak Rindam VI/Mulawarman yang selalu bersedia mendukung program Bintelfisdis dan bela negara di kampusnya.
 
"Moga semuanya berjalan lancar sebagaimana tahun-tahun sebelumnya," ujarnya.
 
Sementara itu, Komandan Rindam VI/Mulawarman Kolonel Inf. Win Nindar menyambut baik kepercayaan yang diberikan Poliban bagi kesatuannya untuk memberikan bimbingan mental, fisik, disiplin (Bintelfisdis) dan bela negara bagi mahasiswa baru 2024.
 
Tentunya, pembinaan yang dilaksanakan tidak seperti cara militer.
 
Mahasiswa baru Poliban per kelompoknya dibimbing selama dua hari dua malam, semua dilaksanakan dengan kegembiraan, namun tetap menjunjung kedisiplinan sebagai kunci sukses di masa depan.

Baca juga: Poliban raih peringkat ke-8 pada Porseni Politeknik di Malang


Baca link: Poliban
 
Acara pelepasan mahasiswa baru Poliban untuk mengikuti pelatihan mental, fisik, disiplin (Bintalfisdis) dan bela negara dengan Rindam VI Mulawarman, di Banjarmasin, Senin (19/8/2024). (ANTARA/HO-POLIBAN)

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024